Sukses

Wanita Lebih Doyan Main Instagram Ketimbang Pria

Instagram mengungkapkan beberapa fakta unik terkait penggunanya di Indonesia, salah satunya fakta yang mana wanita lebih mendominasi.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram merupakan salah satu aplikasi jejaring sosial berbagi foto yang kini tengah berada di puncak popularitasnya. Bersaing dengan beberapa jejaring sosial lainnya, Instagram percaya diri tampil berbeda karena mengusung konsep platform sosial, yang memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan foto-foto karya mereka.

Bertempat di Artotel Thamrin, Kamis (14/1/2016) kemarin, Instagram mengungkapkan beberapa fakta unik dalam sebuah pertemuan ekslusif dengan beberapa media. Yang paling menarik adalah fakta terkait pengguna Instagram yang ternyata didominasi kaum hawa.

Hansal Savla, Senior Director TNS Indonesia, sebuah perusahaan market research, menjelaskan bahwa berdasarkan survei yang telah dilakukan, terungkap sekitar 63 persen wanita cenderung aktif menggunakan Instagram setiap harinya. Hal ini berbanding jauh dengan jumlah pria sebanyak 37 persen, yang mana mereka dinilai tergolong jarang membuka Instagram.

Hansal Savla, Senior Director TNS Indonesia (LIputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Di samping fakta bahwa wanita lebih mendominasi Instagram ketimbang pria, Savla juga memaparkan temuan bahwa mayoritas pengguna Instagram merupakan pengguna yang ‘well educated’. Artinya, mereka pintar dan berasal dari kalangan lulusan perguruan tinggi.

“Dari riset kami, 69 persen pengguna berasal dari lulusan perguruan tinggi. Bahkan, mayoritas pengguna Instagram bisa kami nilai lebih ‘pintar’ 11 kali lipat daripada pengguna smartphone Indonesia pada umumnya,” jelas Savla.

Dilanjutkan pria tersebut, hal ini mendorong demografi pengguna Instagram bahwa mereka tak sekadar menjadikan platform itu sebagai wadah untuk mengunggah foto saja

“Memang, awalnya sebagai platform untuk photo sharing, namun mereka lebih kreatif dari yang kami kira. Mereka bisa mencari inspirasi, membagi pengalaman dalam mengabadikan sebuah foto, serta mencari informasi dan tren terbaru” lanjutnya.

Survei ini dilakukan secara online terhadap lebih dari 500 responden berusia 18-44 yang berada di Indonesia pada Oktober 2015 lalu.

Melalui survei tersebut, terungkap pula demografi pengguna Instagram berdasarkan umur. Mayoritas, Instagram didominasi pengguna aktif berusia 18-24 tahun dengan persentase 59 persen. Sementara, pengguna 25-34 tahun sebanyak 30 persen, dan pengguna 34-44 tahun berada di angka 11 persen.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.