Sukses

SSD Berkapasitas Terbesar di Dunia Resmi Hadir

Perusahaan penyimpanan flash Fixstars baru saja memecahkan rekor kapasitas media penyimpanan dengan meluncurkan sepasang SSD drives baru.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan media penyimpanan flash Fixstars baru saja memecahkan rekor kapasitas media penyimpanan. Sepasang SSD drives baru besutannya hadir dengan kapasitas masing-masing 10 dan 13 TB.

Ini adalah pertama kalinya, menurut informasi yang dihimpun dari Extreme Tech, Minggu (17/1/2016), bahwa kapasitas media penyimpanan flash mengalahkan kapasitas media penyimpanan konvensional (hard drive). Sebelumnya, Seagate mengumumkan dua hard drives berkapasitas 8 dan 10 TB.

Untuk diketahui, pertama, seperti tolok ukur yang Fixstars gambarkan, produk baru perusahaannya ini cenderung menawarkan performa stabil ketimbang kecepatan maksimum.

Kedua, SSD drives ini tidak dimaksudkan bagi konsumen umum. Fixstars sebelumnya telah menyatakan bahwa pihaknya mengoptimalkan produk barunya untuk beban kerja seperti penyimpanan objek, streaming distribusi konten, produksi CG / VFX, dan pemrosesan video.

Banderol harga untuk versi 13TB adalah US$ 19 ribu atau sekitar Rp 26 juta. Jelas, ini bukan harga yang terbilang murah.

Jika dirinci, cost work yang dihabiskan mencapai US$ 1,46 atau sekitar Rp 20 ribu per GB. Harga ini jauh lebih tinggi ketimbang cost work pada media penyimpanan konvensional.

Fixstars 13000M menggunakan disk controller khusus yang dirancang olehnya sendiri dan memori NAND MLC 15nm besutan Toshiba. Kecepatan ​membaca ​sekuensialnya tercatat 580MB/s, sedangkan kecepatan menulis sekuensialnya 540MB/s. Untuk konsumsi daya, SSD drive ini memakan daya 3 Watt saat idle dan hingga 6.5W saat dioperasikan.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.