Sukses

Tak Hanya Deteksi Stress, Gelang Ini Dapat Tingkatkan Mood Anda

Gelang ini dapat meningkatkan mood dengan menampilkan keadaan emosi, serta menampilkan faktor-faktor yang mendorong mood Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Cincin "mood" atau aplikasi pendeteksi mood mungkin sudah banyak bermunculan, tetapi semuanya tak lebih dari sekadar gimik. Namun, perangkat wearable satu ini mungkin benar-benar bermanfaat bagi suasana hati Anda. 

Wearable buatan startup asal New York, Sentio Solutions, memang tak bisa berubah warna, tetapi gelang ini dapat meningkatkan suasana hati Anda dengan menampilkan keadaan emosi. Hal ini terdeteksi berkat sensor bio-signal-tracking. 

Bentuk peragkat dengan nama Feel Wristband ini terlihat sangat biasa, sama halnya dengan gelang. Akan tetapi, ada empat sensor yang dapat mendeteksi respon dan temperatur kulit serta volume darah, yang mana dapat mengkategorikan sinyal menjadi sebuah emosi. 

Data kemudian ditransfer via Bluetooth ke aplikasi dan akan ditampilkan pada grafik tentang suasana hati Anda sepanjang hari.

Menariknya, wristband ini dapat mendeteksi faktor apa pun yang mendorong peningkatan mood Anda--seperti siapa yang Anda temui, faktor lingkungan di mana Anda tinggal, atau apa yang Anda lakukan.

Jika sensor mendeteksi mood stress Anda, gelang ini akan bergetar. Selanjutnya, si aplikasi akan menawarkan pengobatan atau meditasi untuk menenangkan Anda. Perangkat ini juga akan menyarankan Anda untuk "lebih tertawa" atau "bermeditasi"

Anda pun dapat membuat rencana agar tetap menjalani gaya hidup sehat, dengan membuat rencana jangka panjang. Aplikasi akan melacak dan menotifikasi Anda langsung terhadap apa yang sedang Anda lakukan. 

Menurut perusahaan, perangkat ini sudah diumumkan akhir tahun lalu. Namun, prototype baru dipamerkan pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2016 pekan lalu di Las Vegas, Amerika Serikat. 

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini