Sukses

Robot Ini Bisa Antar Kopi dan Sarapan ke Kamar Hotel

Alih-alih meminta seseorang untuk mengantarkan kopi atau makanan ke kamar hotel di mana Anda menginap, kini robot dapat segera melakukannya

Liputan6.com, Jakarta - Alih-alih meminta seseorang untuk mengantarkan kopi atau makanan ke kamar hotel di mana Anda menginap, kini robot dapat segera melakukan hal itu.

Ya, ini benar-benar nyata dan bahkan sebetulnya ini bukan pertama kalinya robot melakukan hal-hal yang pada umumnya dilakukan manusia.

Dikutip dari Tech in Asia, Jumat (22/1/2016), robot yang mengusung nama Relay ini akan melakukan tugas tersebut. Sederhananya, terdapat sebuah kompartemen di 'tubuh' Relay.

Di kompartemen inilah staf hotel dapat meletakkan sesuatu--seperti kopi dan sarapan--di dalamnya dan mengantarkannya ke tamu hotel.

Adapun perusahaan di balik robot unik ini adalah startup (perusahaan rintisan) bernama Savioke (dilafalkan savvy-oak). Startup yang berbasis di California ini telah mencatatkan 11.000 pelayanan untuk tamu-tamu di lima hotel.

Jika diperhatikan, kemunculan Relay ini bisa dinilai terlalu dini. Tetapi, jika robot ini dapat membuat biaya menjadi efektif dan efisien seperti yang diklaim Savioke, tidak ada salahnya juga untuk melihat Relay diberdayakan di banyak tempat lainnya di masa depan.

Baru-baru ini Savioke menerima investasi dari EDBI di bawah Dewan Pengembangan Ekonomi Singapura dan pemodal ventura Tiongkok, Northern Light Venture Capital.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.