Sukses

eBay, Tempat Lelang yang Kini Jadi Raksasa e-Commerce

Transaksi pertamanya terjadi pada saat seorang pria asal Kanada yang bernama Mark Praser membeli laser pointer rusak.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan multinasional dan e-Commerce asal Amerika Serikat, eBay, pertama kali berdiri 21 tahun lalu.

Sang pendiri, Pierre Omidyar, pada September 1995 meluncurkan AuctionWeb--cikal bakal ebay--sebuah situs web yang ditujukan untuk mengumpulkan para penjual dan pembeli dalam sebuah marketplace yang jujur dan terbuka.

Transaksi pertamanya terjadi ketika seorang pria asal Kanada bernama Mark Praser, membeli barang yang ada di daftar eBay. Barang tersebut merupakan sebuah laser pointer rusak.

Kemudian, beredar cerita bahwa Pierre membuat eBay untuk membantu istrinya mengoleksi permen yang dikenal dengan nama Pez Dispenser. Lalu terungkap bahwa ternyata cerita ini tidak benar.

Setahun kemudian, tepatnya pada Juni 1996, Pierre mempekerjakan karyawan pertamanya, Chris Agarpao untuk membantu mengelola perusahaan online yang tumbuh secara cepat ini.

Bahkan hingga 20 tahun kemudian, Chris masih merupakan karyawan eBay. Siapa sangka, nilai total barang-barang yang terjual di AuctionWeb sejak setahun pendiriannya mencapai US$ 7,2 juta.

Dan pada Juli 1996, Pierre berhenti dari pekerjaannya untuk mengabdikan dirinya secara penuh terhadap situs lelang inovatif besutannya dan mendapuk Jeff Skoll sebagai presiden pertama ebay.

Tiga bulan berikutnya, Pierre dan Jeff menyewa sebuah suite kecil berukuran 250 meter persegi di San Jose, California. Suite tersebut dikenal sebagai Building 6 di kampus eBay saat ini.

Satu tahun berlalu, Beanie Babies, salah satu lini usaha Ty Warner yang menjual boneka binatang, menghebohkan dunia. Di eBay saja, pada Mei 1997, boneka-boneka tersebut terjual dengan nilai total US$ 500 juta.

Kemudian di kuartal kedua 1997, Feedback Forum pun diperkenalkan. Forum ini memungkinkan anggotanya untuk menilai transaksi mereka dan menciptakan komunitas virtual dengan keterbukaan dan kepercayaan diri.

Masih di kuartal yang sama, mereka meraih pencapaian luar biasa, yang mana mampu menjual barang kesejuta. Barang itu merupakan mainan A Big Bird jack-in-the-box dari karakter Sesame Street.

Dan pada September, AuctionWeb pun resmi mengganti namanya menjadi eBay.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ebay saat ini

Lantas bagaimana dengan kondisi eBay saat ini? Pertama, eBay telah mengantongi 159 juta pengguna aktif. Kedua, live listing yang terdaftar di eBay mencapai 800 juta dan ketiga, aplikasi eBay telah diunduh 291 juta kali.

Selain itu, saat ini ebay berjalan di bawah kendali 13 eksekutif papan atas dan 10 dewan penasihat. Cakupannya pun sangat luas. Per 2011, eBay telah melayani 30 negara.

Sejauh ini, eBay tercatat telah melakukan akuisisi terhadap kurang lebih 50 perusahaan, yang salah satunya termasuk PayPal pada 2008 dengan nilai akuisisi US$ 1,5 juta.

Menariknya, eBay juga memiliki sebuah yayasan (foundation), yaitu Ebay Foundation. Pada 2014, Ebay Foundation membukukan US$ 4,7 juta dalam bentuk hibah untuk berbagai organisasi nonprofit di seluruh dunia. Adapun nilai hibah total yang telah dibukukan sejak awal, hampir mencapai US$ 35 juta.

Di samping itu, eBay, melalui Ebay Giving Works dan StubHub Foundation, mendorong terjadinya hubungan antara orang dan organisasi-organisasi amal yang menginspirasi bentuk-bentuk dukungan baru bagi berbagai perkara di seluruh dunia.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini