Sukses

Skype Sembunyikan IP Address Pengguna Secara Otomatis

Untuk meningkatkan keamanan bagi pengguna, khususnya di komunitas game, Skype mulai saat ini akan menyembunyikan IP Address secara default

Liputan6.com, Jakarta - Untuk meningkatkan keamanan bagi pengguna, khususnya di komunitas game, Skype saat ini akan menyembunyikan alamat protokol internet (IP Address) secara default.

Layanan chatting besutan Microsoft tersebut belum lama ini memang telah memperkenalkan kemampuan untuk menyembunyikan IP Address pengguna, tetapi sekarang perusahaan yang berbasis di Redmond, Amerika Serikat tersebut memungkinkan pengaturan ini secara default di versi terbaru dari desktop dan aplikasi mobile.

"Langkah ini akan membantu mencegah orang untuk mendapatkan Skype ID dan masuk ke IP Address," kata tim Skype dalam tulisan di blog resminya, yang dikutip dari PC Mag, Selasa (26/1/2016).

Sebelumnya Engadget menekankan bahwa langkah ini khususnya dimaksudkan untuk mencegah pelecehan secara online di komunitas game.

Perlu diketahui, pembicaraan tentang masalah ini mengantarkan kita kembali ke tahun 2011, di mana peneliti dari Polytechnic Institute of New York University memperingatkan adanya kemungkinan untuk memanfaatkan layanan seperti Skype untuk melacak keberadaan seseorang.

"Secara khusus, jika Alice tahu VoIP ID dari Bob, ia dapat melakukan panggilan dengan Bob dan mendapatkan IP Address Bob saat ini hanya dengan mengendus datagram yang masuk ke komputernya," terang para peneliti.

Tahun berikutnya, pengguna Pastebin mengeposkan sebuah petunjuk tentang cara untuk mengeksploitasi sebuah celah dalam jaringan Skype untuk menentukan IP Address pengguna lain. Saat itu, Skype menyebut masalah ini sebagai 'masalah besar yang dihadapi oleh semua perusahaan perangkat lunak peer-to-peer'.

Kemudian sekarang, dengan cara menyembunyikan IP Address secara default, Skype seharusnya tidak lagi dirundung masalah semacam itu.

(Why/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini