Sukses

Genap 1 Dekade, Ini Gambaran Pertumbuhan OLX

Dalam paparan pencapaiannya, OLX Indonesia telah menangani 1,4 juta transaksi atau senilai Rp 16 Triliun per Desember 2015 saja.

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa, situs e-Commerce OLX di Indonesia telah berjalan 1 dekade lamanya. Jelas, 1 dekade bukanlah waktu yang sebentar mengingat berbagai perubahan terjadi dalam kurun waktu tersebut.

Bertempat di Kawasan Bisnis Terpadu Sudirman, Jakarta, hari ini (26/1/2016) OLX Indonesia memaparkan perjalanannya, yang diawali oleh paparan dari CEO OLX Indonesia, Daniel Tumiwa.

"Saya merasa sangat senang menjadi bagian dari sejarah e-Commerce platform ini. Betapa banyak sekali orang-orang yang menggantungkan hidupnya sehari-hari di OLX," ujar pria yang didapuk menjadi CEO OLX Indonesia per April 2015.

Secara global, Daniel menuturkan bahwa ada 260 juta pengguna aktif bulanan OLX, dengan kunjungan yang mencapai 1,9 miliar kunjungan per bulan. Tak hanya itu, aplikasi OLX juga diklaim sebagai aplikasi terbaik di playstore di 27 negara.

Khusus di Indonesia, lanjut Daniel, transaksi yang terjadi di OLX mengalami peningkatan.

"Desember 2015 OLX Indonesia menangani 1,4 juta transaksi, senilai Rp 16 Triliun, dengan biaya Rp 0. Selama sepuluh tahun ini kami tak pernah mengutip satu rupiah pun baik dari pembeli maupun penjual," terang pria yang juga merupakan ketua umum idEA (Indonesian e-Commerce Association).

Kemudian CMO OLX Indonesia Edward Killian menggambarkan pertumbuhan OLX Indonesia secara lebih terperinci.

"Di OLX Indonesia ada 3 miliar kunjungan per bulan. Angka ini tumbuh 7 kali lipat dibandingkan 2 tahun terakhir. Dari segi engagement, rata-rata setiap kunjungan tersebut berlangsung lebih dari 10 menit," ungkap pria yang akrab disapa Kiki tersebut.

Ia melanjutkan, 90 persen dari kunjungan itu, berlangsung di perangkat mobile. Lalu dari sistem operasi, 65 persen kunjungan terjadi di perangkat Android. Tak ketinggalan, ia juga mengungkapkan jumlah iklan yang terpasang di OLX Indonesia.

"Tebak berapa iklan yang ada di OLX Indonesia setiap menitnya? Ada lebih dari 100 iklan baru per menit. Kalau per bulan, ada lebih dari 4 juta iklan baru. Dan uniknya, 6 dari 10 iklan di OLX Indonesia dibuat dari Android," tegas Kiki.

(Why/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini