Sukses

Browser di Smartphone Samsung Kini Bisa Blokir Iklan

Samsung menawarkan browser yang mampu memblokir konten iklan pada perangkat Android Lollipop atau setelahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung kini menambah dukungan plugin pemblokir iklan dan konten pada web browser yang terinstall pada ponsel Android-nya.

Browser yang baru saja diperbarui ini, seperti yang Tekno Liputan6.com kutip dari The Verge, Selasa (2/2/2016) dapat ditemui pada ponsel-ponsel Samsung dengan sistem operasi Android Lollipop atau setelahnya.

Samsung memungkinkan penggunanya untuk memblokir iklan dari laman-laman yang sering dikunjungi penggunanya. Hal ini, disebut-sebut serupa pemblokir konten pada browser Apple, Safari, yang bekerja pada iOS 9.

Sebagai informasi, adanya iklan atau pemblokir konten dapat mengurangi kecepatan browser dan juga menambah penggunaan data. Sementara, halaman web yang dimuat tanpa iklan, jauh lebih ringan dibandingkan ketika ada iklan yang muncul pada laman tersebut.

Memblokir iklan dan konten lainnya pada Android belum semudah menginstal sebuah ekstensi browser. Browser milik Google sendiri, yakni Chrome yang sudah terinstal pada perangkat Android belum mendukung blokir konten dan iklan.

Sementara, beberapa browser pihak ketiga seperti Brave baru-baru ini menawarkan integrasi fitur pemblokir iklan, namun belum sepopuler Chrome.

Sementara itu, pemblokir konten yang pertama ada pada browser Samsung Internet adalah Adblock Fast yang juga tersedia bagi ponsel bersistem operasi iOS, Chrome, dan Opera. Adblock Fast dapat diinstal gratis dan saat ini sudah memiliki sekitar 200.000 pengguna dari berbagai platform.

Menurut Adblock Fast, plugin ini mampu mengurangi waktu loading pada Android hingga rata-rata 51 persen dibandingkan sebelum mengunakan plugin ini. Adblock Fast sendiri dapat diunduh dari Google Play Store pada ponsel dengan Samsung Internet versi 4.0.

Mengenai pemblokir konten iklan pada Samsung, hingga saat ini raksasa teknologi dari Korea Selatan itu belum mampu memastikan berapa banyak pengguna yang nantinya akan menggunakan pemblokir konten tersebut.

Selain itu, tidak ada pula informasi mengenai berapa banyak pengguna Samsung yang menggunakan Samsung Internet dibandingkan dengan Google Chrome.

Namun, jika Anda adalah tipe orang yang peduli terhadap pemblokir konten, maka kemungkinan besar Anda adalah orang yang akan menggunakan Google Chrome dibandingkan browser milik Samsung pada perangkat Anda.

Jika Anda baru saja berpindah perangkat dari iPhone ke Samsung, Anda bisa mencoba pengalaman internet yang bebas iklan.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini