Sukses

Mengintip Lebih Dekat Tekstur Permukaan Bulan

Foto-foto permukaan Bulan ini diklaim beberapa pihak sebagai foto paling 'jernih' diperlihatkan oleh Badan Antariksa Tiongkok, CNSA.

Liputan6.com, Beijing - Badan Antariksa Tiongkok, China National Space Administration (CNSA) baru saja merilis beberapa foto yang memperlihatkan permukaan Bulan dalam resolusi paling tinggi. Foto-foto ini diabadikan dengan lensa robot rover CNSA, Yutu Lunar, yang ditugaskan untuk menjelajahi Bulan.

Seperti dilansir laman Independent, Rabu (3/2/2016), robot yang juga sering disebut 'Jade Rabbit' tersebut mendarat di Bulan pada Desember 2013 lalu dalam misi Chang'e-3 Moon yang termasuk ke dalam rangkaian program CNSA.

Foto-foto permukaan Bulan ini diklaim banyak pihak menjadi foto paling 'jernih' yang diperlihatkan oleh CNSA. Diungkap, kumpulan foto ini tak sengaja diunduh dan dipublikasikan oleh seorang jurnalis The Planetary Society, Emily Lakdawalla di internet.

Beberapa foto lain yang didapat juga menampakkan tekstur permukaan bebatuan Bulan yang begitu indah, jejak robot rover serta formasi batu Bulan yang berwarna putih keabu-abuan.

chinarover5.jpg

Jade Rabbit sendiri dilaporkan mengalami kesulitan untuk 'bergerak' sejak awal 2014 disebabkan suhu Bulan yang begitu dingin pada malam hari. Hal ini terbukti dari lokasi penampakan yang tampak sama.

Tidak seperti NASA dan Badan Antariksa Eropa, European Space Agency (ESA), CNSA dikenal sebagai Badan Antariksa yang tertutup. Jika NASA dan ESA selalu meng-update dengan merilis data kondisi luar angkasa terkini, CNSA malah ogah-ogahan membeberkan hasil temuan yang mereka gali di luar angkasa.

chinarover6.jpg

Mungkin juga disebabkan oleh situs CNSA yang sangat sulit dimengerti. Karena menggunakan bahasa China, banyak artikel yang tidak dibaca dan tidak terlalu mendapatkan banyak perhatian.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.