Sukses

Samsung Galaxy Note 6 Bakal Diperkuat RAM 6GB?

Samsung dikabarkan akan menggunakan RAM 6GB untuk seri Galaxy Note 6.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun seri Galaxy Note teranyar baru saja diperkenalkan tahun lalu, Samsung dikabarkan siap mengembangkan seri Galaxy Note selanjutnya, Galaxy Note 6.

Informasi ini diketahui dari bocoran seorang blogger teknologi asal Tiongkok melalui akun Weibo-nya.

Mengutip informasi dari laman Phone Arena, Senin (15/2/2016), Galaxy Note terbaru ini didukung spesifikasi RAM yang luar biasa. Samsung disebut akan menyematkan RAM 6GB di seri Galaxy Note 6.

Jumlah RAM sebesar itu ternyata membuat beberapa pihak meragukan bocoran itu. Namun, jika menilik dari produk Samsung beberapa tahun belakangan, RAM berukuran besar memang sudah jadi andalan perusahaan tersebut. Dimulai dengan Galaxy S6 yang menggunakan RAM 3GB dan Galaxy Note 5 dengan RAM 4GB.

Oleh sebab itu, tak sedikit pihak yang juga menilai bahwa Samsung dapat membawa RAM 6GB di smartphone besutannya.

Selain itu, teknologi chip Samsung juga disebut mendukung hal itu. Sebab, di tahun lalu, Samsung dikabarkan telah berhasil memproduksi massal RAM 12GB dengan menggunakan teknologi proses 20nm.

Tak hanya soal RAM, dari bocoran tersebut juga diketahui bahwa Galaxy Note 6 akan menggunakan layar slim RGB AMOLDED.

Dengan mengusung kata slim, Galaxy Note 6 diprediksi akan memiliki bodi layar yang lebih tipis. Selain itu, dengan luas layar 5,8 inci, Galaxy Note 6 akan didukung dengan resolusi layar 1440 x 2560 dan 1024 pressure points.

Informasi lain yang juga diketahui dari bocoran ini adalah penggunaan dua chipset. Hal ini sama seperti rumor Galaxy S7 dan Galaxy 7 yang diiisukan akan menggunakan dua chipset berbeda.

Galaxy Note 6 dikabarkan juga akan mendapatkan perlakuan serupa. Jadi, nantinya akan ada Galaxy Note 6 berbasis chipset Snapdragon dan Exynos.

Dari sisi kamera, Galaxy Note 6 akan menggunakan kamera 12MP dengan sistem OIS Plus. Namun, informasi untuk kamera depan belum diketahui.

Sementara untuk kapasitas penyimpananan, Galaxy Note 6 sudah mendukung memori internal 64GB atau 128GB, dan tidak ada slot penyimpan ekstrenal. Sama seperti seri Note lainnya, perangkat ini akan dilengkapi dengan S Pen.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.