Sukses

Facebook Bentuk Tim VR Kembangkan Interaksi Sosial di Masa Depan

Jejaring sosial yang bermarkas di Menlo Park California itu mulai membentuk tim sosial virtual reality.

Liputan6.com, Barcelona - Facebook kini sedang getol mengembangkan teknologi virtual reality (VR). Terbaru, jejaring sosial yang bermarkas di Menlo Park, California itu mulai membentuk tim sosial virtual reality.

Menurut informasi yang dilansir Tekno Liputan6.com dari laman Tech Times, Rabu (24/2/2016), tim tersebut akan berfokus mengeksplorasi interaksi sosial di masa depan melalui penggunaan teknologi virtual reality. Tim yang dibentuk Facebook ini memperkirakan orang akan saling terhubung dan berbagi menggunakan teknologi virtual reality, juga memprediksi bagaimana perkembangan teknologi ini, pada masa yang akan datang.

Tim sosial virtual reality tersebut akan bekerja sama dengan Oculus milik Facebook untuk mengembangkan pengalaman sosial virtual reality pada semua platform. Tim ini akan dipimpin oleh Daniel James seorang pengembang gim Puzzle Pirates, dan Mike Booth pencipta gim Left 4 Dead.

Pembentukan tim ini dipacu oleh pesatnya pertumbuhan virtual reality pada perangkat mobile, seperti terlihat pada satu juta jam video yang ditonton di Samsung Gear VR, sebuah perangkat yang diluncurkan November 2015 silam yang menggabungkan software Oculus dan hardware Samsung. Platform tersebut sekarang menawarkan lebih dari 200 gim dan aplikasi pada Oculus store.

Facebook juga menyebutkan pihaknya akan mengembangkan teknologi ini untuk mendorong streaming virtual reality dengan video 360 sebagai langkah pertama dari proyek ini. Hasilnya, lebih dari 200.000 video 360 telah diunggah ke Facebook yang memperlihatkan betapa pesatnya perkembangan video.

Kini, jejaring sosial yang telah berusia 12 tahun ini membuka teknologi 'streaming dinamis' dengan video 360 untuk perangkat Gear VR yang memiliki resolusi lebih baik, di sisi lain juga mengurangi penggunaan bandwith hingga empat kali lipat.

"Dalam waktu dekat, kita akan hidup di dunia yang memungkinkan semua orang bisa berbagi dan merasakan pengalaman di dalamnya, seolah-olah kita sedang berada di virtual reality," kata CEO Facebook Mark Zuckerberg yang mengejutkan semua orang dengan kehadirannya dalam peluncuran Samsung Galaxy S7 pada ajang Samsung Galaxy Unpacked 2016 di Barcelona, Spanyol, Minggu (21/2/2016) malam waktu setempat.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini