Sukses

Kini Uber Hadirkan Layanan 'Ojek' di Bangkok

Layanan bernama UberMoto ini diluncurkan untuk membantu penduduk Bangkok menghadapi kemacetan.

Liputan6.com, Bangkok - Uber dikabarkan telah membuat layanan baru khusus sepeda motor. Layanan bernama UberMoto ini diluncurkan untuk pertama kali di Bangkok. Ibu kota Thailand tersebut dipilih sebab sepeda motor telah menjadi sarana transportasi paling umum yang digunakan di kota tersebut.

Selain itu, kondisi lalu lintas kota Bangkok saat ini juga dirasa terlampau padat. Dalam pernyataanya, Uber menyebutkan ada 1.500 mobil baru mengaspal di jalanan Bangkok tiap harinya. Hal ini jelas menimbulkan kemacetan yang berdampak buruk pada produktivitas dan kualitas hidup di kota tersebut.

Untuk itu, layanan UberMoto ini akan langsung tersedia bagi pengguna aplikasi Uber di kota Bangkok. Sebagai awal, UberMoto akan tersedia di beberapa wilayah Bangkok, yakni Sathorn, Siam, dan Silom. Selain itu, layanan ini juga melayani perjalanan dari MRT Silom, MRT Lumpini, BTS Saladeang, dan BTS Chong Nonsi.

Mengutip informasi dari laman Tech Crunch, Kamis (25/2/2016), salah satu keseriusan Uber adalah dengan menggandeng kepolisian Thailand dan Head Awareness dari Don't Drive Drunk Foundation, sebagai bagian dari kampanye menggunakan helm di sepeda motor.

Selain itu, Uber juga menuturkan layanan UberMoto ini memang ditujukan untuk kota-kota di pasar-pasar yang masih berkembang. Untuk itu, tidak tertutup kemungkinan bahwa layanan ini dapat menyambangi negara dan kota lain seiring perkembangan waktu.

Sekadar informasi, UberMoto bukanlah layanan roda dua pertama dari Uber. Sebelumnya, Uber juga telah memiliki layanan yang disebut UberRush. Namun, layanan tersebut lebih ditujukan untuk keperluan pengiriman barang atau kurir.

Uber sendiri memang dikabarkan tengah mulai memperluas layanannya di wilayah Asia. Setelah meluncurkan layanan pengiriman barang di Hong Kong dan layanan shuttle bus di, UberHop, di Manila.

Di Thailand, sebenarnya sudah ada layanan serupa, yakni GrabBike yang ditawarkan Grab. Layanan pemesan kendaraan asal Malaysia tersebut bahkan sudah memperluas pasarnya ke Vietnam dan Indonesia.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Uber Technologies Inc adalah sebuah perusahaan multinasional asal Amerika yang bergerak di bidang transportasi.
    Uber Technologies Inc adalah sebuah perusahaan multinasional asal Amerika yang bergerak di bidang transportasi.

    Uber

  • UberMoto

Video Terkini