Sukses

Asus Umumkan Jadwal Rilis Android Marshmallow untuk Seri ZenFone

Tak hanya mengumumkan jadwal perilisan Android M, Asus juga menambahkan daftar penerima pembaruan sistem operasi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa bulan lalu, Asus sempat mengumumkan daftar seri Zenfone yang akan mendapat pembaruan ke Android 6.0 Marshmallow. Namun, nyatanya hingga saat ini update tersebut belum bisa dinikmati oleh pengguna smartphone Asus. 

Untuk itu, akhirnya Asus kembali memberikan informasi terkait waktu perilisan sistem operasi yang paling anyar dari Android tersebut. Mengutip informasi dari laman GSM Arena, Minggu (28/2/2016), Asus akhirnya mengumumkan pembaruan Android 6.0 Marshmallow akan digulirkan pada kuartal kedua tahun ini.

Sayangnya, perusahaan asal Taiwan tersebut tidak membeberkan informasi detail mengenai waktu perilisan Android 6.0 Marshmallow. Namun, menilik dari jadwal yang diberikan kemungkinan besar pembaruan ini akan dirilis pada April sampai Juni mendatang.

Selain itu, Asus juga mengumumkan akan menampilkan beberapa perubahan baik dari segi UI dan aplikasi lewat pembaruan sistem operasi ini. Nantinya, aplikasi seperti Google Messenger, Calendar, dan Gmail akan termasuk dalam pembaruan Android M.

Tiga aplikasi tersebut menggantikan tiga aplikasi bawaan ZenUI, yakni Asus Messenger, Asus Mail dan Asus Calendar. Kendati demikian, Asus menuturkan setelah pengguna melakukan update ketiga aplikasi tersebut masih dapat diunduh di Google Play.

Dalam pengumuman baru nanti, Asus juga menambahkan daftar smartphone seri ZenFone yang mendapat pembaruan Android M, yakni ZenFone Max dan ZenFone Zoom. Dua seri ini menambah lima daftar seri ZenFone yang telah dipastikan sebelumnya, yakni ZenFone 2, ZenFone Selfie, ZenFone 2 Deluxe, ZenFone 2 Laser, serta Asus Padfone S.

Sekadar informasi, Android Marshmallow 6.0, hadir dengan banyak perbaikan dan fitur baru dari Android Lollipop. Meskipun tak banyak membawa perubahan dari segi tampilan, Android M jelas membawa beberapa pembaruan fitur yang fungsional.

Beberapa pembaruan fitur adalah meliputi sistem perizinan lebih terperinci atas suatu aplikasi, versi Google Now yang lebih ditingkatkan, dukungan asli untuk pembaca sidik jari, dukungan yang diperbesar untuk kartu microSD, serta banyak lainnya.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini