Sukses

Apple Tak Bakal Sebut Nama '5se' di iPhone Terbarunya, Lalu Apa?

Perusahaan asal Cupertino tersebut dikabarkan lebih memilih nama iPhone SE untuk tak membingungkan pengguna

Liputan6.com, Cupertino - Dalam beberapa bulan terakhir, Apple diisukan akan merilis seri iPhone terbaru yang disebut akan menggunakan nama iPhone 5se. Namun, kabar terbaru menyebutkan bukan nama itu yang akan dipakai oleh Apple.

Mengutip informasi dari laman Business Insider, Minggu (28/2/2016), seri iPhone ini akan disebut dengan nama iPhone SE, tanpa embel-embel 5 seperti yang diisukan sebelumnya. Informasi yang berasal dari laman 9to5Mac ini juga menyebutkan bahwa SE sendiri berarti 'Special Edition'.

Lebih lanjut juga disebutkan bahwa alasan dihilangkan angka '5' dari iPhone terbaru ini untuk menghindari kebingungan. Sebab, dengan menyertakan angka '5' pengguna berpikir bahwa itu adalah model lama. Oleh sebab itu, pengguna akan sulit mengenalinya sebagai model baru.

Sekadar informasi, iPhone SE disebut-sebut akan menjadi ponsel 4 inci terbaru dari iPhone. Berdasarkan informasi yang diperoleh sebelumnya, smartphone ini memiliki desain serupa iPhone 5. Namun, iPhone SE akan memiliki desain frame dengan pinggiran layar melengkung layaknya iPhone 6/6s.

Selain itu, smartphone ini juga akan dibekali dengan prosesor anyar dari Apple, yakni A9. Tak hanya itu, iPhone SE disebut bakal dilengkapi dengan fitur-fitur yang ada di iPhone 6/6s, seperti Apple Pay dan Live Photos.

Bahkan, berdasarkan bocoran gambar beberapa waktu lalu, iPhone SE juga dilengkap dengan tombol Touch ID di bawah (home button) dan beberapa tombol fisik di kiri dan kanan frame dengan bentuk memanjang seperti iPhone 6/6s. Kamera depan pun terletak di sebelah kiri earpiece.

Rencananya, iPhone SE ini diperkenalkan pada 15 Maret mendatang bersamaan dengan gelaran khusus yang dibuat oleh Apple. Selain iPhone SE, pada gelaran tersebut, Apple disebut juga akan memperkenalkan iPad generasi terbaru, yaitu iPad Air 3.

(Dam/Jek)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.