Sukses

Aplikasi Asisten Virtual, Hound, Meluncur di Android dan iOS

SoundHound memunculkan aplikasi asisten virtual Hound dengan pengenalan suara pada perangkat Android dan iPhone.

Liputan6.com, San Francisco - SoundHound, perusahaan di balik aplikasi pencarian musik, mengumumkan kemunculan aplikasi asisten virtual berbasis suara pada publik.

Dikutip tim Tekno Liputan6.com dari Tech Times, Kamis (3/3/2016), aplikasi bernama Hound tersebut memungkinkan penggunanya untuk menanyakan pertanyaan dan menemukan jawabannya. Misalnya, penggunanya menanyakan cuaca atau keberadaan hotel terdekat.

Selain itu, penggunanya juga dapat memberikan perintah untuk mengirim pesan singkat atau menghubungi seseorang. CEO SoundHound Keyvan Mohajer menyebutkan aplikasi ini kini tersedia untuk perangkat Android dan iPhone.

Hal yang membedakan antara Hound dengan asisten virtual lainnya, seperti Siri, adalah pengguna dapat berinteraksi layaknya berbincang dengan manusia. Sementara, asisten virtual lainnya mengharuskan pengguna bicara dengan sejumlah keyword untuk dapat memberikan perintah.

Hound dapat memahami percakapan pengguna sesuai dengan konteks yang ditanyakan. Sehingga, penggunanya dapat memberikan pertanyaan yang lebih kompleks dan aplikasi tersebut akan membantu menjawab pertanyaan yang diajukan pengguna.

Aplikasi ini menggunakan pengenal suara dan pemahaman bahasa "Speech-to-Meaning" sehingga mampu memberikan jawaban yang akurat atas pertanyaan pengguna. Dengan aplikasi ini, mereka tak perlu lagi mengetikkan berbagai pertanyaan pada mesin pencari.

"Pengguna akan jatuh hati pada Hound. Mereka tidak perlu lagi mencari jawaban atas sesuatu pada layar kecil serta tidak perlu merasa layanan suara mengalami kesalahan dalam memahami perintah suaranya," ujar Mohajer.

Selain itu, Hound juga diklaim lebih pintar karena Hound menggunakan lebih dari 100 domain untuk menyediakan jawaban yang relevan terkait pencarian tentang cuaca, navigasi, nutrisi, musik, video, skor pertandingan olahraga, dan lain-lain. 

Mohajer menambahkan, SoundHound juga bermitra dengan Yelp dan Uber untuk mengintegrasikan data yang dimiliki dengan aplikasi ini. Artinya, pengguna Hound bisa mengakses data milik Yelp untuk mencari restoran atau Uber untuk mendapatkan layanan transportasi.

Aplikasi ini bekerja mirip dengan asisten digital lainnya. Pengguna dapat memerintah Hounds dengan mengatakan "Ok, Hound...." untuk memulai pencarian. Layanan ini juga menyediakan pengalaman hands free bagi pengguna yang melakukan pekerjaan lainnya.

Sebelumnya, pada Juni 2015, Hound telah muncul dalam versi beta. Kini, Hound dapat digunakan pada ponsel iPhone dan Android

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.