Sukses

Kumpulan Foto Gerhana Matahari Total di Instagram

Pengguna Instagram di Indonesia mengunggah berbagai foto Gerhana Matahari Total.

Liputan6.com, Jakarta - Kejadian alam Gerhana Matahari Total (GMT) menjadi euforia tersendiri bagi pengguna internet di Indonesia. Selain trending topic dan meme kocak soal Gerhana Matahari Total, sejumlah foto gerhana matahari total di berbagai daerah di Indonesia juga masih banyak diunggah di layanan berbagi foto dan video singkat Instagram, Rabu (9/3/2016).

Para pengguna Instagram ini tampaknya ingin menjadi saksi fenomena yang menggabungkan matahari, bulan, dan bumi dalam satu garis lurus. Mereka kemudian memfoto dan mengunggahnya di akun Instagram mereka.

Tidak sedikit dari foto tersebut tampak sangat indah. Penasaran seperti apa keindahannya, berikut ini beberapa penampakan indah dari gerhana matahari total yang berhasil dirangkum tim Tekno Liputan6.com.

Sebagai foto pembuka di artikel ini, akun odie_audree yang berlokasi di Sentul City, Bogor, Jawa Barat mengunggah enam foto Gerhana Matahari Total yang digabungkannya menjadi satu. Terlihat, tampilan pertama matahari masih utuh. Pada foto-foto selanjutnya, matahari mulai terlihat kecil dengan latar gelap.

 

Gerhana matahari total #gerhanamatahari #gerhanamataharitotal

A photo posted by Audree Odie (@odie_audree) on

Foto kedua adalah dari akun tameecatz, yang menyuguhkan sebuah pemandangan pantai pagi hari di Bangka Belitung. Dihiasi sejumlah perahu, foto yang menunjukkan titik matahari itu tampak indah berpadu dengan langit yang mulai menggelap.

 

Another view from Babel by @rinimomoi #gerhanamatahari #gerhanamataharitotal #gerhanamataharitotal2016 #totaleclipse

A photo posted by tamee catz (@tameecatz) on

Selanjutnya, dari Malang, Jawa Timur, pemilik akun heksirian pun mengunggah sebuah foto bulan yang menutupi sebagian matahari. Dengan latar belakang langit gelap, tampilan matahari yang mirip bulan sabit berwarna jingga pun terlihat sangat indah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Foto-foto Indah Gerhana Matahari Total

Kemudian, salah satu kota di Indonesia yang juga dilewati Gerhana Matahari Total adalah Palu, Sulawesi Tengah. Melalui sebuah gambar matahari penuh yang ditutupi bulan dengan sebagian sinar oranye yang mengelilingi bulatan tersebut, akun septiayuwulandari mengabadikan fenomena yang diramalkan terjadi 33 tahun sekali ini.

 

Gerhana Matahari Total, 9 Maret 2016. #eclipsesolar #solareclipse #GMT #gerhanamataharitotal #kotapalu #indonesia #wonderfulindonesia

A photo posted by Septi Ayu Wulandari (@septiayuwulandari) on

Foto dari pemilik akun Instagram asal Karawang, Jawa Barat, owobarpordneh, juga tak kalah keren. Foto ini menunjukkan gerhana matahari dengan latar hitam dengan penampakan matahari yang mulai tertutup bulan.

 

#solareclipse #solar #gerhanamataharitotal #gerhanamatahari

A photo posted by hendroprabowo (@owobarpordneh) on

Beralih ke Ternate, kota yang juga dilalui Gerhana Matahari Total, pemilik akun indraa_kusuma11 pun mengunggah sebuah foto indah gerhana. Tampilan yang diperlihatkan adalah matahari yang hampir ditutupi bulan dengan cahaya berpendar di sekeliling dua benda kosmik tersebut.

 

GMT dari Kota Ternante (2) #gerhanamatahari #gerhanamataharitotal #indonesia #ternate #2016

A photo posted by المثلثة (@indraa_kusuma11) on

Tidak hanya di kota-kota di atas, di Selat Malaka, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, pemilik akun rudichandra_sambas mengunggah sebuah foto pantai dengan penampakan matahari yang mulai ditutupi bulan. 

 
(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.