Sukses

Samsung Dukung Kompetisi Robotik Tingkat Sekolah

Samsung resmi mendukung Thamrin Olympiad & Cup VI yang diselenggarkan oleh SMA Negeri Unggulan Mohammad Husni Thamrin

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu perusahaan teknologi kenamaan dunia, Samsung turut mendukung Thamrin Olympiad & Cup VI yang diselenggarakan siswa SMA Negeri Unggulan Mohammad Husni Thamrin. Kompetisi ini diadakan pada 20-26 Februari 2016 dan pengumuman pemenangnya secara resmi akan diadakan pada 12 Maret mendatang.

Latar belakang Samsung mendukung acara ini tidak lepas dari upaya perusahaan tersebut untuk mendorong anak muda menghasilkan karya bermanfaat. Selain itu, Samsung Indonesia percaya anak-anak Indonesia memiliki kemampuan menghasilkan inovasi lebih baik.

"Semua inovasi berasal dari mimpi, termasuk ide, adalah hal yang penting," ujar Corporate Marketing Director PT Samsung Electronics Indonesia, ketika ditemui di acara dukungan Samsung untuk kompetisi Thamrin Olympiad & Cup VI di Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Oleh sebab itu, Samsung sangat antusias mendukung acara tersebut. Bahkan, Jo menuturkan, tidak tertutup kemungkinan Samsung akan hadir dengan tantangan tertentu untuk acara serupa ke depannya.

"Melihat ide yang ada, ke depannya kerja sama bisa dilanjutkan. Bahkan tidak menutup kemungkinan Samsung akan memberikan tantangan," ujar Jo. Untuk itu, ia mengajak para pemenang Thamrin Olympiad & Cup VI agar usahanya tidak berhenti di kompetisi ini.

Bentuk dukungan yang diberikan Samsung berupa penyediaan perangkat. Salah satunya adalah Samsung Galaxy Tab yang dapat dipakai oleh peserta untuk mendukung kompetisi ini.

Untuk diketahui, Thamrin Olympiad & Cup VI yang diadakan tahun ini mengusung tema Lingkungan yang Lebih Baik. Rakha Kahansa Putra, ketua panitia kompetisi ini, menuturkan ada 20 peserta dari SD sampai SMA dari seluruh Indonesia.

Lebih lanjut Rakha memaparkan, pemenang kompetisi robotik ini dinilai dari beberapa faktor. Faktor utamanya adalah orisinalitas robot, keterampilan, dan presentasi di depan para dewan juri, yaitu Bunyamin, Brian Adi Kusuma, serta Agus Suparlan.

Saat ini, kompetisi Thamrin Olympiad & Cup VI sendiri menemukan tiga pemenang. Pemenang pertama berasal SMA 2 Daar El Qolam, Tangerang. Sekolah tersebut menghasilkan karya robot Collecting Goat Feces.

Sementara juara kedua adalah SMAK Penabur Cibubur, dengan robot bernama Trash Vending Machine. Pemenang ketiga adalah KIR dari MA Al-Falah yang membuat robot bernama Automatic Gardener.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.