Sukses

Inilah Materi Paling Gelap di Dunia

Vantablack sudah dikembangkan sejak dua tahun lamanya. Akan tetapi, penggunaan materi tersebut kini baru bisa diaplikasikan dalam bentuk spr

Liputan6.com, London - Jika Anda berpikir batu arang merupakan materi paling gelap di dunia, Anda keliru. Sebuah materi yang baru-baru ini ditemukan, diklaim menjadi benda paling gelap--berwarna hitam pekat--di dunia. Seperti apa bentuknya?

Dikutip dari Gizmag, Jumat (18/3/2016), materi bernama "Vantablack" tersebut diciptakan perusahaan teknologi asal Inggris, Surrey NanoSystems.

Vantablack sudah dikembangkan sejak dua tahun lamanya. Akan tetapi, penggunaan materi tersebut kini baru bisa diaplikasikan dalam bentuk spray cairan.

Para ilmuwan Surrey NanoSystems menjelaskan, bentuk awal Vantablack terbuat dari senyawa karbon nanotubes yang biasanya terkandung di tanah hutan.

Senyawa ini disebutkan bisa menyerap cahaya yang masuk sebanyak 99,965 persen. Bahkan, materi tersebut mampu membuat objek tiga dimensi tampil menjadi dua dimensi dalam warna hitam pekat.

Mereka pun kini mengembangkan versi terbaru Vantablack, yaitu Vantablack S-VIS, yang mampu menyerap cahaya ultraviolet dan inframerah sebanyak 99,8 persen. Materi ini bahkan diklaim lebih reflektif 17 kali lipat dibanding materi hitam yang digunakan pada teleskop Hubble.
A three-dimensional face, coated in Vantablack S-VIS
Kegunaan materi ini, seperti dijelaskan oleh CTO Surrey NanoSystems Ben Jensen, adalah untuk aplikasi beberapa perangkat teknologi yang nantinya bisa mengubah bentuk dan memberi keunikan.

Rencananya kaleng spray Vantablack akan dijual di pasaran. Meski begitu, para pengguna tidak bisa langsung mengubah benda-benda di sekelilingnya dengan cairan spray tersebut. Sebab, mereka harus mengirim benda yang ingin di-spray ke Surrey Nano Systems agar proses pengecatan dilakukan oleh para ahli.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.