Sukses

Robot ini Jadi Pengantar Pizza Pertama di Dunia

Domino Pizza meluncurkan sebuah robot pertama yang mampu mengantarkan pizza kepada pemesannya.

Liputan6.com, Jakarta - Retailer makanan cepat saji asal Australia mengkonversi robot militer menjadi Domino Robot Unit (DRU). Robot ini menjadi robot pertama di dunia yang memiliki tugas untuk mengantarkan pizza.

Mengutip laman Business Insider, Selasa (21/3/2016), perusahaan Domino Pizza menyebutkan, pihaknya telah mengubah sebuah robot militer menjadi droid pengantar pizza.

Robot yang kemudian diberi nama Domino's Robotic Unit (DRU) ini disebut-sebut merupakan sebuah purwarupa dari kendaraan pertama yang secara khusus digunakan untuk mengantar makanan khas Italia tersebut. Untuk pertama kalinya, robot ini diresmikan di Brisbane, Australia, beberapa waktu lalu.

Perusahaan makanan cepat saji tersebut mengembangkan droid pengantar pizza DRU bersama dengan perusahaan startup Australia, Marathon Robotic. Dalam pengembangannya, robot tersebut bersumber dari robot militer yang dikembangkan sendiri termasuk ditambah dengan pelacak lokasi atau GPS.

Domino Pizza meluncurkan sebuah robot pertama yang mampu mengantarkan pizza kepada pemesannya. (Sumber: The Guardian).
DRU memiliki sistem sensor yang menggunakan laser untuk bergerak tanpa perlu didampingi saat menuju alamat pemesan. Robot empat roda ini memiliki kecepatan 20km/jam dan sengaja didesain untuk dapat berjalan di jalan setapak, jalan raya, dan juga jalur sepeda.

Ketika robot ini mencapai alamat pemesan, pemesan pun harus memasukkan kode keamanan dan meminta si robot untuk membuka kunci kompartemen penyimpanan. Barulah saat itu pizza bisa diambil oleh pemiliknya.

Domino sendiri menyebutkan, pihaknya telah memulai proyek ini sejak 2015 dan mengembangkannya dengan sebuah microchip dan baru selesai setelah satu bulan pengetesan.

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.