Sukses

Astronom Amatir Rekam Penampakan Asteroid Hantam Jupiter

Seperti apa penampakan Planet Raksasa 'dihantam' oleh benda alam asteroid? (sumber foto: Geek)

Liputan6.com, Dublin - Dua astronom amatir secara tak sengaja mampu merekam penampakan asteroid yang 'menghantam' Planet Jupiter. Bahkan, video penampakan tersebut kini sudah beredar luas di dunia maya.

Mengutip informasi Daily Mail, Sabtu (8/4/2016), kedua astronom yang berada di lokasi berbeda itu secara tak sengaja merekam penampakan ini pada Minggu, 17 Maret 2016 lalu. Salah satu dari mereka mengunggahnya ke Reddit, pada akhirnya video tersebut menjadi viral.

Video yang dibagikan ke Reddit adalah video hasil rekaman astronom amatir asal Moedling, Austria, Gerrit Kernbauer. Sementara, video yang satunya direkam oleh astronom asal Dublin, Irlandia yang bernama John McKeon.

Kernbauer mengatakan, ia tidak menyangka bisa merekam penampakan langka tersebut. Ia mengungkap menggunakan teleskop 8 inci Skywatcher Newton 200/1000 dengan bantuan sebuah kamera.

Di video yang berdurasi 30 detik tersebut, tampak sosok Planet Raksasa di tengah layar diikuti dengan objek bercahaya di sudut kanan yang secara perlahan menabrak sisi Jupiter. Kernbauer menduga, objek tersebut adalah asteroid.

Spekulasi senada pun diutarakan oleh seorang blogger astronomi PhilPlait. Menurutnya, objek tersebut merupakan benda alam yang bisa diduga kuat sebagai asteroid atau komet.

"Ini bukan fenomena mengejutkan, Jupiter sering 'ditabrak' benda alam seperti asteroid," kata Plait.

Lantas, mengapa penampakan tersebut bisa dilihat oleh manusia di Bumi? Plait melanjutkan, kecepatan benda alam menabrak Jupiter lebih cepat lima kali daripada Bumi. Ini yang membuat semua benda yang mendekati Jupiter tampak lebih jelas jika menggunakan teleskop.

"Jupiter memiliki ruang gravitasi yang berbeda dengan Bumi. Energinya juga 25 kali lebih kuat, maka dari itu kita bisa melihat objek sekecil itu tampak jelas di luar angkasa," ia menambahkan.

Jika Anda penasaran seperti apa penampakannya, Anda bisa langsung lihat videonya di tautan berikut ini.

(Jek/Cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.