Sukses

Ratusan Mahasiswa Bersaing di Bukalapak Programming Contest

Bukalapak Programming Contest diikuti lebih dari 100 Mahasiswa teknik informatika & Ilmu komputer dari Bandung dan Jabodetabek.

Liputan6.com, Jakarta - Sukses menggelar Bukalapak Programming Contest (BLPC) untuk Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI), Bukalapak kembali menggelar BLPC ke-2 yang kali ini diselenggarakan di Kota Bandung.

Acara ini berlangsung pada 9 April 2016 bertempat di Hotel Amaroosa, serta diikuti lebih dari 100 Mahasiswa teknik informatika & Ilmu komputer dari Bandung dan Jabodetabek. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas engineer software di Indonesia.

Mahasiswa didorong untuk mempelajari pemrograman terutama dalam meningkatkan coding dan membangun bakat yang lebih baik lagi sehingga dapat bersaing dan berkonstribusi bagi dunia digital Indonesia. Mahasiswa juga dituntut untuk menyelesaikan puzzle algoritma mengunakan bahasa C/C++, Java, Ruby atau pun Python.

“Bukalapak ingin mendorong perkembangan kemajuan teknologi di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan potensi para programmer muda. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, diharapkan para programmer dapat berkompetisi secara sehat sekaligus mendorong semangat belajar tinggi dan keinginan berkembang," kata Nugroho Herucahyono, CTO dan Co-Founder Bukalapak.

Melalui keterangan tertulisnya, Nugroho menambahkan bahwa jumlah pekerja IT di Indonesia belum memadai. Jumlah lapangan kerja yang tersedia lebih banyak ketimbang tenaga kerjanya.

Oleh karena itu, kontes programming ini diharapkan bisa meningkatkan minat pelajar di Indonesia untuk belajar IT dan tetap meningkatkan kemampuan agar memiliki daya saing.

Achmad Zaki selaku CEO Bukalapak, memiliki visi untuk menambah tenaga-tenaga IT demi mendorong bisnis e-Commerce ke depan.

"Visi kami adalah menambah engineer software di bisnis digital," ungkapnya, saat ditemui usai Talk Show Programming Contest di kantor pusatnya di Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Kembali ke BLPC, sebelum memulai kompetisi, para mahasiswa diberikan panduan tentang peraturan dan ketentuan final. Seluruh mahasiswa sangat antusias mengikuti perlombaan ini. Mahasiswa yang hadir akan memperebutkan berbagai hadiah menarik, seperti MacBook Pro, iPhone 6s & 6s, dan 2 external hardisk 1 TB.
Bukalapak Programming Contest (Bukalapak.com)
Kompetisi ini dimenangkan oleh Ahmad Zaky mahasiswa dari ITB (angkatan 2012) sebagai juara pertama, diikuti oleh Alvin Setiadi mahasiswa dari Binus (angkatan 2012) sebagai juara kedua, dan juara ketiga dimenangkan oleh Luqman Arifin Siswanto mahasiswa dari ITB (angkatan 2013).

Sementara juara ke-4 dan 5 dimenangkan oleh Tjandra Satria Gunawan mahasiswa dari Universitas Indonesia (angakatan 2012) dan Jauhar Arif mahasiswa dari ITB (angkatan 2015).

“Sebagai mahasiswa, ingin berkontribusi terhadap dunia digital Indonesia, dan juga memajukan industri digital Indonesia. Banyak sekali pengetahuan yang saya dapat sangat bermanfaat, tidak hanya teori saja seperti yang ada di kelas. Semoga dengan apa yang saya dan teman-teman dapatkan hari ini, bisa menjadi acuan kami untuk berkarya bagi bangsa,” ujar Ahmad Zaky mahasiswa dari ITB.

(Isk/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini