Sukses

Begini Penampakan Smartphone Robot Sharp Seharga Rp 23 Juta

Sharp memulai pre-order sebuah smartphone robot seharga Rp 23 jutaan.

Liputan6.com, Tokyo - Tahun lalu, perusahaan teknologi Sharp mengumumkan rencana yang tidak masuk akal, yakni menciptakan robot yang bisa berbicara, menari dan berfungsi layaknya smartphone.

Namun menurut informasi dari laman The Next Web yang dikutip Tekno Liputan6.com, Minggu (17/4/2016), kini perusahaan yang baru diakuisisi oleh Foxconn itu akan mewujudkan rencananya.

Saat ini, perusahaan sedang membuka pre-order untuk smartphone robot yang diberi nama RoboHon tersebut. Tidak seperti smartphone lainnya, robot ini dibanderol dengan harga US$ 1.800 atau setara dengan Rp 23,6 juta.

Harga tersebut dianggap sangat mahal untuk sebuah mainan berteknologi tinggi. Sebagai informasi, smartphone robot tersebut menggunakan Android 5.0 Lollipop dengan layar berukuran 2 inci. Selain itu, RoboHon memiliki fitur pengenalan suara dan mampu memproyeksikan video.

Sayangnya, penggunaan RoboHon ini masih sulit dibayangkan terutama dipakai sebagai ponsel utama seseorang.

Meski begitu mahal, penggunanya masih harus mengeluarkan uang sebesar US$ 6 (Rp 78 ribu) per bulan. Biaya ini digunakan untuk dapat menggunakan fitur pengenalan suara yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan perangkat dan melakukan berbagai hal seperti memesan taksi dan membuat pengingat.

Tidak seperti smartphone lain yang memberikan akses pengoperasian melalui sentuhan layar di aplikasi, pengguna harus berbicara dengan robot tersebut, barulah kemudian bisa mengakses fungsi.

Oleh karenanya, bisa dibilang smartphone robot ini tidak akan memiliki kemampuan apapun, kecuali jika pengguna membayar biaya bulanan di atas.

The Next Web menyebut, mereka yang menginginkan smartphone RoboHon ini bisa mendapatkannya 26 Mei mendatang di Jepang. Tidak hanya di negara asalnya, Sharp mengatakan, RoboHon bisa digunakan di negara lain.


(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.