Sukses

Selenggarakan Kompetisi, XL Ajak Mahasiswa Benahi Kota

XL mengajak mahasiswa Indonesia untuk membenahi sejumlah permasalahan yang terjadi di kota mereka dengan merancang apllikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Pendidikan Nasional dimanfaatkan oleh operator XL untuk meluncurkan kompetisi Smart Digitalizing Your City.

Melalui kompetisi ini, XL mengajak mahasiswa Indonesia untuk membenahi sejumlah permasalahan yang terjadi di kota mereka dengan merancang aplikasi smart city.

Diharapkan dengan hadirnya kompetisi ini dapat mendorong munculnya talenta dunia digital masa depan yang handal dan memiliki visi membangun masyarakat digital Indonesia.

Chief of Corporate Affairs Officer XL Eka Bramantya Danuwirana mengatakan, dirinya percaya bahwa anak muda Indonesia memiliki talenta yang tidak kalah dengan pemuda bangsa lain.

"Dengan kompetisi ini, XL sekaligus ingin menunjukkan betapa besarnya potensi anak muda yang dapat berkontribusi bagi pemecahan persoalan pemerintah daerah dalam mengelola dan menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik," kata Eka di Jakarta, Senin (2/5/2016).

Ia menambahkan setelah melalui seleksi, hasil karya peserta akan diakomodir dalam program Digital Service XL. Sehingga, perusahaan tidak sekadar memotivasi tetapi juga membuka kesempatan merealisasikan karya mahasiswa yang terpilih.

Tahun ini ada tiga temuan solusi digital yang dikompetisikan. Pertama e-Public Services yang menyediakan solusi digital untuk layanan publik, e-Governance yang menyediakan solusi digital untuk efektivitas birokrasi, dan e-Financial yakni sebuah solusi digital untuk membantu pengelolaan keuangan.

Adapun sosialisasi kompetisi ini dilakukan sejak 28 Maret hingga 30 Juni mendatang ke berbagai kampus di sejumlah kota di Indonesia. Hingga kini, lebih dari 400 proposal karya mahasiswa dari 100 kampus sudah diterima.

Sementara itu, Senior Manager CSR dan Communication Services XL Anita Avianty mengatakan, seleksi akan dilakukan secara bertahap. Mulai dari seleksi administratif, pengujian atas ide karya, hingga perwujudan ide menjadi solusi yang siap dioperasikan.

Anita menyebut, nantinya 3 pemenang dengan proposal terbaik akan mendapatakan total hadiah uang tunai senilai Rp 100 juta. Selain itu, program atau aplikasi smart city yang diciptakan akan dimasukkan ke program smart city XL.

Sebagai informasi, XL sudah menerapkan Xmart cities di sejumlah daerah seperti Lombok, Yogyakarta, dan Balikpapan dengan program pembayaran pajak kendaraan bermotor, penyediaan sistem reservasi rumah sakit, dan pembayaran kir kendaraan bermotor.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.