Sukses

10 Masalah Pada WhatsApp dan Cara Mengatasinya

Pernahkah aplikasi WhatsApp Anda mengalami sejumlah masalah? Yuk intip solusinya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp adalah salah satu aplikasi olah pesan paling populer di jagat raya. 10 persen dari umat manusia di belahan dunia menjadi pengguna aktif aplikasi ini.

Meski begitu, kadang sejumlah masalah terjadi pada aplikasi ini. Untuk itu, mengutip Android Pit, Senin (13/6/2016), Tekno Liputan6.com memberikan ulasan mengenai masalah yang muncul pada WhatsApp serta tips mengatasinya.

1. Tak Bisa Install WhatsApp

Untuk mengunduh versi terbaru WhatsApp, minimal Anda membutuhkan Android versi 2.1 yang pada akhir 2016 nanti versi 2.1 dan 2.2 tak lagi bisa mendukung aplikasi WhatsApp. Kamu bisa mengecek versi Android ponsel pada menu Setting > About Phone. 

Androidpit best texting app whatsapp 9927

2. Tak Mendapat Kode Aktivasi

Jika pemasangan WhatsApp berjalan dengan lancar, tetapi kamu tidak mendapatkan kode aktivasi, apa yang perlu dilakukan? 

Pertama, pastikan kamu memasukkan nomor ponsel dengan benar. Kemudian, teliti ulang apakah kamu memasukkan pilihan negara yang benar saat mendaftarkan nomor telepon.

Jika tak juga mendapatkan kode aktivasi, cobalah untuk memintanya melalui panggilan suara. Dengan demikian, komputer bakal membacakan kode aktivasi yang bisa kamu masukkan ke aplikasi.

Penting diingat, kamu hanya dapat mendaftarkan satu kartu SIM untuk WhatsApp. Selain itu, kamu juga hanya bisa memakai satu perangkat per nomor telepon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak bisa terhubung dengan WhatsApp

3. Tak Bisa Terhubung dengan WhatsApp

Satu masalah koneksi WhatsApp berasal dari koneksi data atau Wi-Fi yang bermasalah. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan.

Pertama, cek koneksi internet baik WiFi maupun 3G/4G. Kedua, pastikan bahwa aplikasi Task Killer tak memengaruhi WhatsApp.

Ketiga, kosongkan cache aplikasi (Setting-Application-WhatsApp-Clear Cache). Terakhir, solusi paling ekstrem, dengan meng-uninstall WhatsApp, kemudian install kembali.

4. WhatsApp Tak Bisa Membaca Kontak Telepon

Ada beberapa alasan WhatsApp tak bisa membaca kontak kamu. Berikut cara memperbaikinya.

Pertama, pastikan bahwa kamu memiliki nomor telepon yang benar. Selanjutnya, pastikan kontak kamu juga menggunakan layanan WhatsApp. Ketiga, pastikan kamu memasang versi terbaru dari aplikasi WhatsApp.

Androidpit best texting app whatsapp 9951
Kemudian, pada daftar kontak, pastikan seluruh kontak 'visible' atau 'viewable'. Terakhir, pastikan bahwa grup kontak (teman, keluarga, dan teman kantor) diatur ke mode 'visible'.

5. Tak Bisa Putar Video Error

Untuk mencegah terjadinya hal ini, ada dua hal yang bisa kamu lakukan. Pertama, memastikan bahwa Google Photos telah up-to-date.

Caranya, buka Play Store, tekan pada tombol menu di kanan atas kemudian pada My apps & games terlihat apakah Google Photos ada di bagian atas, lalu tunggu sebuah pembaruan.

Jika tak membantu, solusi lainnya dengan pergi ke Setting > Application manager > Google+ dan temudian tekan Uninstall updates.

6. Panggilan WhatsApp Bermasalah atau Tak Bisa Dijawab

Jika kamu mengalami panggilan suara berkualitas buruk, hal itu dipastikan karena koneksi jaringan yang buruk.

Nggak cuma fitur Call, kini WhatsApp juga bisa buat video call. Yeay!
Untuk mengatasinya, pastikan bahwa koneksi kuat. Jika kamu menggunakan data seluler, setidaknya dibutuhkan jaringan 3G untuk bisa menerima panggilan suara. Kamu juga dapat mencoba untuk memutus koneksi, kemudian mengaktifkan lagi koneksi data.

3 dari 3 halaman

Tak bisa putar audio

7. WhatsApp Tak Bisa Putar Audio

Hal ini mungkin berhubugan dengan sensor jarak yang diandalkan WhatsApp. Jika kamu memegang ponsel jauh dari telinga, audio yang diputar melalui speaker bakal sangat pelan.

Karenanya, pastikan agar jarak antara ponsel dengan telinga tak terlalu jauh. Selain itu, pastikan speaker dalam kondisi normal.

8. Tak Bisa Unduh Video atau Foto Pada WhatsApp

Caranya, masuk ke Setting kemudian pilih Data Usage. Lalu, perhatikan apakah kamu sedang mengaktifkan fitur auto download saat terkoneksi dengan sambungan WiFi? 

Jika iya, kamu bisa pilih untuk mengunduh foto atau video secara otomatis dengan koneksi WiFi atau paket data seluler.

whatsapp tips and tricks mobile data

9. Tak Bisa Simpan Foto dan Mentransfer ke Kontak Lain

Untuk mentransfer foto kepada kontak lainnya, kamu hanya perlu menekan agak lama pada foto yang hendak kamu bagikan.

Kemudian, pada bagian kanan atas laman ada sebuah tanda panah menghadap kanan yang bisa digunakan untuk membagikan foto. Tekan tanda panah tersebut dan kamu hanya tinggal memilih kontak mana yang ingin kamu kirimi gambar.

10. Ponsel Anda Dicuri

Tak jarang kejadian ponsel hilang membuat pemiliknya pusing. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengunci kartu SIM.

Selanjutnya, WhatsApp tak lagi bakal bisa diaktifkan pada ponsel tersebut. Jika kamu memiliki SIM card baru (dengan nomor yang sama), bisa mengaktifkan kembali WhatsApp dengan nomor yang sama di perangkat baru.

Caranya, minta kepada WhatsApp untuk menonaktifkan akun kamu dengan mengirim email ke support@whatspp.com--subject "Lost/Stolen: Please deactivate my account"--disertai nomor ponsel kamu pada bodi email. Jika hal ini tak dilakukan, WhatsApp kamu masih bisa digunakan dengan jaringan WiFi.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini