Sukses

Kontak di WhatsApp Gak Nongol, Kenapa?

Ada masalah kecil yang mungkin pernah dialami oleh sebagian pengguna WhatsApp yaitu kontak yang tidak muncul. Apa penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu aplikasi pesan instan terpopuler, WhatsApp, sangat disukai oleh pengguna yang tidak neko-neko, yakni mereka yang tak perlu fitur stiker, timeline, dan fitur-fitur lainnya. 

Selain itu, alasan mengapa WhatsApp disukai adalah karena bobotnya yang ringan dan tidak memakan banyak RAM.

Namun ternyata, ada masalah kecil yang mungkin pernah dialami oleh sebagian pengguna WhatsApp yaitu kontak yang tidak muncul.

Padahal, WhatsApp biasanya otomatis membaca kontak orang-orang yang juga sudah menggunakan WhatsApp. Kira-kira apa yang harus dilakukan? Berikut ini penjelasan Tekno Liputan6.com.

Pertama, kalau teman kamu atau semua teman kamu tidak muncul di dalam daftar Kontak WhatsApp, lakukan hal berikut ini:

Pastikan teman kamu menggunakan WhatsApp.
Pastikan kamu memiliki nomor telepon teman kamu di kontak. Kalau mereka tinggal di negara berbeda, pastikan menyimpan nomor telepon mereka dalam format internasional lengkap.
Pastikan teman kamu memiliki versi terbaru WhatsApp.
Pastikan teman kamu sudah mengizinkan WhatsApp untuk mengakses kontak telepon kamu pada setelan keamanan atau izin perangkat.
Di dalam buku alamat telepon kamu, pastikan semua akun kontak (contohnya kontak SIM, Google, Telepon) sudah disetel "terlihat" atau "dapat dilihat".
Di dalam buku alamat telepon kamu, pastikan semua grup kontak (contohnya Teman, Keluarga) sudah "terlihat" atau "dapat dilihat".
Kamu disarankan untuk membuat kontak kamu "tidak terlihat", lalu mengubahnya kembali menjadi "terlihat" untuk melakukan pembaruan pada daftar kontak WhatsApp. Setelah melakukan hal ini, buka WhatsApp > Kontak > Tombol Menu > Perbarui.
Sebagai alternatif lain, kamu dapat memilih untuk menampilkan semua kontak, tidak hanya yang "terlihat". Untuk melakukannya ketuk Tombol Menu > Setelan > Kontak > Tampilkan semua kontak.

Kalau langkah di atas masih belum ampuh, kamu bisa coba langkah berikut ini. Lakukan clear data di aplikasi WhatsApp. Ini bisa ditempuh lewat menu Setting, (Manage) Application, cari WhatsApp, klik. Selanjutnya klik clear data.

Ini juga sekaligus menghapus cache. Bila berhasil, ukuran data dan cache WhatsApp kamu jadi nol. Namun perlu diingat, sebaiknya kamu terlebih dahulu melakukan back up supaya chat kamu tidak hilang.

Tapi biasanya, di setelan default, WhatsApp melakukan local back up secara rutin setiap hari pukul 02.00. Namun untuk sekadar memastikan, tidak ada salahnya juga melakukan back up secara manual, termasuk ke Google Drive buat kamu yang merupakan pengguna smarpthone Android.

Berikutnya, kamu buka kembali WhatsApp. Di sini kamu akan dibawa ke tampilan ketika kamu pertama kali memasang WhatsApp. Kamu hanya perlu mengisi nomor ponsel, menunggu kode verifikasi, dan sebagainya.

Setelah proses ini selesai, WhatsApp biasanya akan otomatis membaca back up file di ponsel, atau menanyakan apakah kamu akan melakukan back up? 

Nah, seharusnya setelah kamu melakukan langkah-langkah di atas, kontak WhatsApp kamu muncul seperti sedia kala. Namun bagaimana bila masih belum muncul?

Langkah terakhir, sebaiknya kamu lakukan uninstall, kemudian install kembali aplikasi WhatsApp kamu.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini