Sukses

BlackBerry Sering Gangguan, Kominfo Akan Beri Sanksi Tegas

Kominfo sampai saat ini mengaku belum mendapatkan laporan resmi penyebab gangguan tersebut. Kominfo berencana mengambil tindakan tegas.

Layanan internet BlackBerry kembali mengalami gangguan pada hari Rabu kemarin. Akibatnya trafik layanan komunikasi di kalangan pengguna BlackBerry di Indonesia jadi terganggu.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sampai saat ini mengaku belum mendapatkan laporan resmi penyebab gangguan tersebut. Kominfo berencana mengambil tindakan tegas kepada perusahaan asal Kanada itu.

"Belum ada laporan sebab gangguan kemarin. Tapi, kali ini Kominfo gak akan main-main lagi sama BlackBerry," ungkap Gatot S. Dewabroto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kominfo saat dihubungi Liputan6.com melalui saluran telepon.

Gatot juga menyebutkan bahwa BlackBerry kemungkinan akan dikenakan sanksi atas gangguan yang terjadi karena merugikan pengguna. Namun, Gatot mengaku masih belum tahu jenis sanksi apa yang akan diberikan kepada vendor smartphone itu.

"Kami masih menunggu laporan dari BlackBerry, nanti kita lihat apa yang bisa dilakukan setelah tahu penyebabnya. Pastinya kami akan kerasin, karena memang tipikal mereka mintanya digituin," kata Gatot.

Menurut Gatot, pada tahun 2009 BlackBerry sempat sedikit alot ketika diminta membuka service center di Indonesia. Akan tetapi, ancaman blokir layanan dari Kominfo berhasil membuat perusahaan yang sebelumnya bernama Research Ini Motion (RIM) itu menuruti permintaan pemerintah.

Dari catatan Kementerian Telekomunikasi dan Informatika (Kominfo), sejak tahun 2012 setidaknya sudah terjadi lima (5) kali gangguan pada layanan BlackBerry. Gangguan pertama terjadi pada akhir Maret 2012 pada layanan email BlackBerry (BB). Gangguan email BB kembali terjadi di pertengahan Agustus 2012.

Gangguan ketiga terjadi di bulan Oktober 2012 pada layanan pesan singkat BlackBerry Messenger (BBM). Pada pertengahan Mei 2013 lalu, layanan internet BlackBerry pun kembali down.

Belakangan, gangguan di layanan BB kembali terjadi sejak pukul 11 siang, Rabu (3/7/2013) hingga pukul 00.30 Kamis (4/7/2013). Gangguan itu merupakan gangguan kelima sejak tahun 2012 dan merupakan yang kedua di tahun 2013.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.