Sukses

Resmi, Microsoft Akuisisi Nokia Senilai Rp 79 Triliun

Microsoft telah sepakat membeli unit device and services Nokia, serta lisensi paten dan layanan pemetaan Nokia.

Kabar mengejutkan datang dari Nokia dan Microsoft. Menurut Nokia, Microsoft telah sepakat membeli unit Device and Services Nokia, serta lisensi paten dan layanan pemetaan Nokia. Kabar ini sebenarnya sudah pernah mencuat sebelumnya. [baca: Microsoft Dikabarkan Ingin Beli Divisi Perangkat Milik Nokia]

Untuk akuisisi tersebut, perusahaan pembuat software asal Redmond, Amerika Serikat itu telah merogoh kocek senilai $ 4,99 milyar untuk divisi tersebut, dan $ 2,18 milyar untuk lisensi paten. Total uang yang dikeluarkan Microsoft mencapai $ 7,17 milyar atau sekitar Rp 79 triliun.

Melalui kesepakatan dengan Nokia, yang notabene merupakan produsen Windows Phone terbesar, Microsoft berharap dapat mempercepat pertumbuhan perusahaan dan meningkatkan pangsa pasar smartphone Nokia. Keduanya akan saling bersinergi lebih banyak lagi ke depannya.

"Kesepakatan ini merupakan langkah berani ke depan, win-win bagi karyawan, pemegang saham dan konsumen dari kedua perusahaan," kata CEO Microsoft Steve Ballmer yang dikutip dari Engadget, Selasa (3/9/2013).

Sekitar 32.000 orang karyawan Nokia nantinya akan ditransfer ke Microsoft, termasuk 4.700 orang di Finlandia dan 18.300 karyawan yang terlibat langsung dalam pembuatan produk.

Melalui perjanjian ini, Microsoft akan mendapatkan lisensi non-eksklusif selama 10 tahun terhadap ide-ide Nokia dan "hak timbal balik" untuk menggunakan paten Microsoft dalam layanan pemetaan Nokia Here.

Perjanjian ini diperkirakan akan rampung pada kuartal pertama 2014. Nokia sendiri telah bermitra dengan Microsoft sejak tahun 2011 dan menggunakan software Microsoft para ponsel-ponsel besutannya.

Sebagai bagian dari kesepakatan itu, Stephen Elop akan mengundurkan diri sebagai CEO Nokia dan menjadi executive vice president divisi tersebut. (dew)

Baca juga:

Akuisisi Divisi Ponsel Nokia, Microsoft Tetap Setia ke Mitra Lain
Microsoft Bangun Data Center di Kampung Halaman Nokia

8 Fakta Penting dari Akuisisi Microsoft-Nokia
Setelah Nokia, Microsoft Akan Akuisisi BlackBerry?
Smartphone Lumia Berikutnya Akan Pakai Nama Microsoft

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.