Sukses

Microsoft Bangun Data Center di Kampung Halaman Nokia

Selain membeli unit Device and Services Nokia, Microsoft disebutkan akan membangun sebuah data center besar di kampung halaman Nokia.

Pengumuman Microsoft mengakuisisi Nokia memang mengejutkan banyak pihak. Selain membeli unit Device and Services, dalam kesepakatan akuisisi itu Microsoft disebutkan akan membangun sebuah data center besar di kampung halaman Nokia di Finlandia.

Menurut Microsoft, perusahaan akan menginvestasikan dana lebih dari $ 250 juta (atau sekitar Rp 2,7 triliun) untuk modal dan operasional data center tersebut. Data center itu akan difungsikan untuk melayani pelanggan-pelanggan Microsoft dan Nokia di Eropa.

Microsoft memiliki data center lain di Eropa, tepatnya di Irlandia dan juga mengembangkan data centet di daerah-daerah lain di seluruh dunia seperti Australia dan Asia Tenggara, menurut Data Center Knowledge.

Seiring dengan akuisisi tersebut, Microsoft juga mengatakan bahwa mereka mengincar CEO Nokia Stephen Elop sebagai kandidat pengganti CEO Microsoft Steve Ballmer. Ballmer minggu lalu memang telah mengumumkan bahwa ia akan mengundurkan diri dalam 12 bulan ke depan. Sebelum bergabung dengan Nokia, Elop pernah memimpin divisi Microsoft Office selama bertahun-tahun.

Microsoft bukanlah perusahaan teknologi AS pertama yang membangun sebuah data center di wilayah Nordic. Menurut Cnet yang dikutip Rabu (4/9/2013), Google sudah memiliki data center di Finlandia dan Facebook memiliki fasilitas besar-besaran di sekitar Swedia. (dew)

Baca juga:

Resmi, Microsoft Akuisisi Nokia Senilai Rp 79 Triliun
Akuisisi Divisi Ponsel Nokia, Microsoft Tetap Setia ke Mitra Lain
8 Fakta Penting dari Akuisisi Microsoft-Nokia
Setelah Nokia, Microsoft Akan Akuisisi BlackBerry?
Smartphone Lumia Berikutnya Akan Pakai Nama Microsoft


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini