Sukses

Terbang Tinggi, Jelajahi Dunia Hingga Luar Angkasa

Twitter juga bekerjasama dengan berbagai kegiatan dan lembaga untuk membuatnya lebih banyak dikenal, termasuk dengan NASA.

Setelah menjadi perusahaan mandiri Twitter makin berkembang pesat. Perusahaan sosial media ini mulai melakukan ekspansi dengan aktif dalam kegiatan atau acara yang berlangsung di negaranya, salah satunya konferensi South by Southwest Interactive (SXSWi) pada tahun 2007.

Keikutsertaannya di acara tersebut membantu 'si burung biru' terbang lebih tinggi. Sepanjang konferensi ini, kicauan di Twitter meningkat dari 20 ribuan kicauan menjadi 60 ribu kicauan dalam sehari. Strategi memasang layar plasma sebesar 60 inci di aula konferensi ternyata cukup berhasil.

Layar besar itu menayangkan semua posting yang muncul di Twitter secara eksklusif. Reaksi positif dari publik di SXSWi memberikan efek yang cukup bagus bagi layanan sosial media muda ini. Mereka pun mendapat penghargaan dari Web Award atas keberhasilannya menarik perhatian dan melakukan inovasi baru di ranah sosial media.

Tak hanya SXSWi, Twitter juga bekerjasama dengan berbagai kegiatan dan lembaga untuk membuatnya lebih banyak dikenal. Lembaga antariksa Amerika Serikat atau dikenal sebagai NASA juga menjadi rekanan Twitter di tahun 2010.



22 Januari 2010 akhirnya pesan Twitter untuk pertama kalinya dikirimkan dari luar bumi. T.J. Creamer menjadi astronot NASA pertama yang mengirimkan kicauannya dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Di akhir November 2010, rata-rata selusin kicauan di posting dari akun resmi NASA, @NASA_Astronauts.

Di tahun 2007 terdapat 400 ribu kicauan di Twitter per kuartal. Jumlah tersebut kemudian melonjak drastis pada tahun 2008 menjadi 100 juta kicauan perkuartal. Pertumbuhan drasti Twitter terjadi pada Februari 2010 dengan 50 juta tweet dikirimkan penggunanya dalam sehari.



Aktivitas para pengguna Twitter kain beragam semakin lama. Dari sekedar mem-posting status hingga berbincang. Fenomena Twitter pun makin diperhatikan para bintang, tokoh maupun perusahaan besar yang ada di seluruh dunia.

Keterlibatan Twitter di peristiwa-peristiwa besar di dunia pun makin banyak. Saksi mata sebuah peristiwa kecelakaan pesawat di Amerika Serikat melaporkan kesaksiannya melalui akun Twitter miliknya.



Juni 2009, sebuah protes besar-besaran terjadi di Iran dan yang menggulingkan pemerintahan Iran. Demonstrasi kala itu disebutkan berawal dari Twitter yang kemudian dijuluki sebagai 'Twitter Revolution' di kalangan pengguna internet.

Saat Michael Jackson wafat pada 25 Juni 2009, server Twitter diakui jebol karena banyaknya pengguna yang berusaha menuliskan 'Michael Jackson' di statusnya disebabkan 100 ribu tweet perjam.



Pada piala dunia FIFA 2010 terdapat 2.940 kicauan perdetik setelah Jepang membobol gawang Kamerun, kemudian dipecahkan kembali ketika Jepang mengalahkan Denmark dalam laga berikutnya. Rekor terakhir yang pernah dicatat Twitter adalah 33.388 kicauan per detik pada malam tahun baru 1 Januari 2013 lalu.

Tak hanya kicauan, perhatian para pengembang juga sudah mulai beralih ke Twitter. Sosial media yang dibuat Jack Dorsey itu telah mendapat lebih dari 70 ribu aplikasi Twitter terdaftar yang membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan pengguna baru. Saat ini, Twitter tercatat sudah memiliki 23,1 juta pengguna aktif tiap bulan. (den/dew)


Baca juga:
`Burung Biru` Menetas dan Mulai Berkicau

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini