Sukses

Semua Ponsel & Tablet Nexus Akan Kebagian Android KitKat

Google memastikan bahwa smartphone Nexus 4, tablet Nexus 7 dan tablet Nexus 10 akan segera mendapat update Android 4.4 KitKat.

Sistem operasi terbaru Android 4.4 KitKat resmi diluncurkan Google hari ini. Selain merilis sistem operasi Android terbaru, Google juga merilis smartphone Nexus 5.

Seperti sudah menjadi sebuah tradisi, kehadiran perangkat terbaru Nexus kerap diidentikkan dengan kehadiran sistem operasi versi teranyar. Demikian pula dengan Nexus 5 dan Android KitKat.

Selain Nexus 5, sejumlah perangkat seri Nexus terdahulu pun dalam waktu dekat juga bisa merasakan manisnya sistem operasi yang identik dengan merek camilan coklat asal Swiss ini. Lalu smartphone dan tablet Nexus mana saja yang akan segera mendapatkan update Android KitKat?

Melalui blog resmi perusahaan, Google memastikan bahwa smartphone Nexus 4, tablet Nexus 7 dan tablet Nexus 10 akan segera mendapat pembaruan Android 4.4 KitKat. Google memastikan dalam dua pekan ke depan KitKat akan segera menyambangi ketiga perangkat Nexus tersebut.

Sayangnya Google tidak menyertakan smartphone Galaxy Nexus dalam daftar penerima update Android 4.4. Smartphone yang dirilis dua tahun lalu itu dianggap terlalu lawas untuk menerima update Android terbaru. Demikian dikutip dari laman The Verge, Jumat (1/11/2013).

Padahal seperti diketahui, KitKat termasuk dalam sistem operasi Android pertama yang tidak memerlukan spesifikasi tinggi. Salah satunya kemampuan untuk berjalan di perangkat mobile yang memiliki RAM 512 MB atau identik dengan ponsel low-end.

Keputusan Google untuk tidak menyertakan Galaxy Nexus dalam daftar penerima update KitKat seakan berbanding terbalik dengan keputusan sejumlah produsen untuk membawanya pada ponsel flagship besutan masing-masing.

Baca juga: KitKat Resmi Dirilis, Handset Motorola Kebagian Update

Selain Motorola, perusahaan asal Taiwan HTC juga telah memastikan akan menghadirkan pembaruan Android KitKat pada ponsel besutannya. 

(vin/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini