Sukses

Samsung Diminta Ikut Tanggung Biaya Pengacara Apple

Meski telah dinyatakan menang, Apple ingin Samsung ikut menanggung biaya hukum dan pengadilan yang telah dikeluarkannya.

Pertempuran terkait paten antara Samsung dan Apple masih terus berlanjut. Meski Apple telah dinyatakan menang atas kepemilikan paten dan berhak mendapatkan biaya ganti rugi dari Samsung ratusan juta dolar, namun sepertinya Apple masih belum puas.

Produsen iPhone asal Cupertino itu disebutkan ingin Samsung ikut menanggung biaya hukum dan pengadilan yang telah dikeluarkannya. Apple meminta hakim distrik San Jose, Lucy Koh untuk memerintahkan Samsung membayar USD 15,7 juta untuk biaya hukum yang telah dikeluarkan Apple.

Tak hanya itu, seperti dilansir Phone Arena, Apple juga menuntut Samsung membayar USD 6,2 juta untuk berbagai biaya tim hukumnya. Secara total, pembuat iPhone dan iPad itu meminta dana sebesar USD 21,9 juta dari Samsung yang setara dengan sepertiga biaya untuk membayar pengacara Apple.

Hakim Koh telah memerintahkan sidang pada tanggal 30 Januari 2014 untuk membahas permintaan Apple tersebut. Pertarungan hukum terkait paten yang terjadi antara Apple dan Samsung memang telah melibatkan banyak pengacara papan atas.

Apple diperkirakan harus menghabiskan total dana sebesar USD 60 juta atau sekitar Rp 7 milyar untuk membayar tim pengacaranya. Apple memang dikenal tak sembarangan soal memilih kuasa hukum.

Saat menghadapi Samsung misalnya, perusahaan itu memilih jasa biro hukum ternama dunia berbasis di San Fransisco, Morrison & Foerster. Biro hukum tersebut dikenal banyak menangani urusan hukum banyak perusahaan raksasa dunia dengan lebih dari 1.000 pengacara dan 17 kantor cabang di berbagai penjuru dunia. (den/dew)


Baca juga: 
3 Ronde Kemenangan Apple Melawan Samsung
Sukses Kalahkan Samsung, Pengacara Apple Dibayar Rp 7 Milyar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.