Sukses

BlackBerry Rugi, Pendiri Jual Saham Senilai Rp 317 Milyar

Pendiri BlackBerry Mike Lazaridis berhasil mengantongi dana sebesar $ 26 juta atau sekitar Rp 317 milyar dari jutaan saham yang dilepasnya.

Sempat dikabarkan tertarik untuk membeli kembali perusahaan dengan menambah jumlah kepemilikan saham, Mike Lazaridis kini justru melakukan aksi sebaliknya. Saat ini Lazaridis justru telah melepas sebanyak 3,5 juta sahamnya di BlackBerry.

Saat ini Lazaridis hanya memiliki sekitar 4,99% dari sebelumnya 5,68% saham perusahaan. Pria berambut putih ini mulai melepas kepemilikan saham untuk kedua kalinya. Beberapa hari lalu Lazaridis sudah melepas sekitar 3,17 juta saham dan setiap lembarnya dihargai sekitar USD 7,55.

Dan untuk kali kedua atau tepatnya di malam perayaan Natal, Lazaridis kembali melepas sekitar 333.107 saham yang dihargai USD 7,63 per lembarnya. Untuk kedua sesi penjualan saham yang dilakukan, Lazaridis berhasil mengantongi dana sebesar $ 26 juta atau sekitar Rp 317 milyar.

Menurut US Securities and Exchange Commision seperti yang diwartakan The Globe and Mail, Kamis (26/12/2013), penjualan saham milik Lazaridis tercatat melalui perusahaan investasi Ontario Ltd.

BlackBerry melaporkan bahwa nilai saham perusahaan telah meningkat sebesar 27 sen hingga mencapai $8,25 setelah merilis laporan keuangan kuartal tiga 2013 beberapa pekan lalu. Meski menderita kerugian hingga mencapai USD 4,4 milyar, namun saham BlackBerry telah meningkat sebesar 26% dari jumlah sebelumnya.

Bersama Doug Fregin yang juga merupakan pendiri BlackBerry, pada Oktober silam Lazaridis sempat mengajukan tawaran untuk membeli kembali perusahaan yang awalnya mengusung nama Research In Motion tersebut.

Namun rencana penjualan perusahaan dibatalkan oleh Fairfax Financial yang merupakan salah satu pemegang saham terbesar BlackBerry dengan menggelontorkan dana sekitar USD 1 milyar. (vin/dew)


Baca juga:

Galau Memilih, Pendiri BlackBerry Tambah Kepemilikan Saham
Untuk Pertama Kalinya, BlackBerry Batalkan Dua Acara Besar
Merugi, BlackBerry Jual 5 Gedung Perusahaan


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini