Sukses

Umur BlackBerry OS 7 Tinggal 2 Tahun Lagi

Managing Director BlackBerry India Sunil Lalwani menyatakan dukungan terhadap BB OS 7 akan tersedia hingga Desember 2015.

Sistem operasi BlackBerry 10 (BB 10) yang dirilis pada awal tahun 2013 lalu kini semakin banyak ditemui pada ponsel besutan BlackBerry. Meski di awal kehadirannya BlackBerry OS 10 hanya ditemui pada smartphone high-end, namun belakangan ponsel murah besutan perusahaan asal Waterloo, Kanada ini pun mulai mengadopsi sistem operasi yang sama.

Lalu bagaimana nasib sistem operasi BB OS 7, mengingat tahun lalu BlackBerry masih meluncurkan satu tipe ponsel yang mengusung sistem operasi BB7 yakni BlackBerry Bold 9720.

Dalam sebuah kesempatan, Managing Director BlackBerry India Sunil Lalwani menyatakan saat ini dukungan terhadap BlackBerry OS 7 masih akan tersedia. Lebih lanjut Lalwani memastikan jika dukungan terhadap BB OS 7 akan tersedia hingga Desember 2015.

Setelah Desember 2015, Lalwani mengklaim pihak BlackBerry akan menghentikan penjualan ponsel BB OS 7 dan akan mengadakan program tukar tambah dengan sejumlah ponsel BB OS 10. Namun jika susunan papan ketik QWERTY yang tidak ditemui pada ponsel BB OS 10, tidak menutup kemungkinan jika nantinya desain serupa BlackBerry Bold 9900/9930 akan semakin banyak ditemui nantinya.

"Ketika kami meluncurkan BB10, merupakan platform yang dibangun untuk meng-upgrade platform BB sebelumnya. Sejumlah fitur baru yang melekat pada BB10 ditujukan untuk memudahkan pengguna dan mengarah ke dukungan aplikasi," ucap Sunil Lalwani seperti dikutip laman DNAIndia, Jumat (3/1/2013).

Lalwani pun menyebut sekitar 60% dari pendapatan perusahaan pada kuartal tiga 2013 diperoleh dari layanan dan perangkat lunak BlackBerry sehingga menghasilkan margin yang lebih tinggi. Tahun ini dan seterusnya layanan dan perangkat lunak akan menjadi fokus utama perusahaan. (vin/dew)


Baca juga:
2014, BlackBerry Akan Fokus Pada Layanan BBM
BlackBerry Rugi, Pendiri Jual Saham Senilai Rp 317 Milyar
Foxconn Beberkan Rencana Tentang BlackBerry Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.