Sukses

Mengenal Sosok Dibalik Terciptanya Konsol Xbox

Bersama PlayStation besutan Sony, ketiga generasi Xbox mendominasi pasar konsol game dunia. Namun tahukah Anda siapa 'ayah' dari Xbox?

Sejak pertama kali dirilis di tahun 2001 silam, konsol game Xbox kini telah hadir dalam tiga generasi berbeda. Bersama jajaran konsol PlayStation besutan Sony, ketiga generasi Xbox mendominasi pasar konsol game dunia hingga saat ini. Kehadirannya bahkan berhasil menggeser posisi para pendahulunya seperti Nintendo dan SEGA.

Namun tahukah Anda siapakah 'ayah' dari konsol Xbox? Anda pasti tak terlalu mengenal nama Nat Brown, namun patut diketahui ia adalah pencetus terlahirnya konsol Xbox.

Bersama sejumlah koleganya, di tahun 1999 Brown mengembangkan ide Xbox dan mengajukannya pada Microsoft. Melihat potensi yang ditawarkan, saat itu para pimpinan Microsoft seperti Bill Gates dan Steve Ballmer menanggapinya dengan sangat antusias dan langsung mengucurkan dana sebesar USD 1 miliar untuk biaya pengembangan Xbox.

Dan hasilnya seperti yang telah diketahui. Konsol Xbox generasi pertama sukses menjadi pesaing konsol PlayStation 2 yang angka penjualannya sangat fantastis di tahun 2001. Lalu pada 2005 konsol Xbox 360 pun dirilis dan menjadi salah satu konsol game terbaik di industri game hingga saat ini. Namun pada konsol generasi terbaru Xbox One, Brown sudah tak lagi terlibat dalam pengembangannya.

Brown sendiri memulai karirnya di Microsoft pada tahun 1990 sebagai publisher developer Microsoft. Pria lulusan Harvard yang mendapat gelar di bidang Computer Science pada 1992 ini dikenal sangat ahli dalam bidang pemrograman. Salah satu prestasinya di Microsoft adalah saat ia sukses mengerjakan proyek pengembangan kode sistem 16-bit dan 32-bit pada teknologi Object Linking and Embedding (OLE) and Component Object Model (COM).

Pada tahun 1995, ia pun didapuk menjadi manajer program teknis OLE dan COM. Sebelum pada akhirnya mengundurkan diri dari Microsoft pada akhir 1999.

Ironisnya, meski kini telah menyatakan pensiun dari dunia teknologi, namun nyatanya Brown masih aktif di dunia pemrogaman. Menurut yang dilansir laman Huffington Post, Apple diketahui masih kerap menggunakan jasa Brown untuk proyek penulisan coding aplikasi di sistem operasi mobile iOS. Ia pun kerap menjadi konsultan bagi para pengusaha di bisnis pengembangan aplikasi. (dhi)

Baca juga:
PlayStation 4 dan Xbox One Terjangkit `Penyakit` Baru
Fokus Pasarkan PlayStation 4, Sony Mulai `Lupakan` PS3
10 Game Xbox One Paling Dinanti di Tahun 2014
[Video] Penampakan Xbox One Versi Laptop Beredar di Dunia Maya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini