Sukses

4 Ponsel Nokia Symbian yang Sempat Menjadi Primadona

Symbian sempat menjadi sistem operasi (OS) ponsel terpopuler di awal tahun 2000-an, sebelum akhirnya terdepak oleh sistem operasi Android.

Seperti yang telah direncanakan, per 1 Januari 2014 kemarin Nokia telah secara resmi menghentikan dukungan terhadap mantan sistem operasi andalannya, Symbian.

Symbian sempat menjadi sistem operasi (OS) ponsel terpopuler di awal tahun 2000-an, sebelum akhirnya terdepak oleh sistem operasi Android. Selain itu, popularitasnya pun dikalahkan oleh varian smartphone Nokia seri Lumia yang berjalan di atas sistem operasi Windows Phone.

Kantar Worldpanel memperkirakan Symbian saat ini hanya menguasai pangsa pasar Eropa sebesar 1,8 persen, angka ini turun drastis dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 8 persen. Sementara di China, Symbian masih mampu menyumbang sekitar 2 persen pangsa pasar.

Untuk mengenang sistem operasi Symbian, berikut tim Tekno Liputan6.com mengajak Anda untuk kembali mengingat 4 ponsel Nokia bersistem operasi Symbian yang sempat menjadi primadona di masanya:

Baca juga: 
Nokia Resmi `Pensiunkan` OS Symbian dan MeeGo
6 Ponsel Berdesain Ikonik Paling Berkesan di Hati
Nokia Masuki Masa Keemasan, Makin Berkibar Berkat Symbian

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman



1. Nokia 7650

Di tahun 2002, Nokia menghebohkan jagat teknologi dengan merilis smartphone berplatform Symbian pertama mereka, yaitu seri 7650.

Nokia 7650 mengusung sistem operasi Symbian versi 6.1 yang mempunyai beberapa fitur canggih, seperti SyncML, email dan MMS client. Sontak handset ini menjadi begitu populer di kalangan pengguna kelas pekerja dan eksekutif muda.

Selain dibekali sederet fitur canggih yang mendukung kebutuhan pekerjaan pengguna, Nokia 7650 juga memiliki spesifikasi teknis mumpuni. Dapur pacunya berisi 32-bit RISC CPU, 104 MHz CPU dan RAM 4 MB.
3 dari 5 halaman



2. Nokia N-Gage

Ponsel ini bisa dikatakan sebagai pelopor industri game mobile yang sedang booming saat ini. Seri N-Gage mengusung desain layaknya konsol portabel, namun tetap memiliki kemampuan dasar sebuah ponsel yang cukup mumpuni.

Akan tetapi fitur hiburan, khsusnya game, menjadi yang paling diandalkan dari produk yang dirilis pada penghujung tahun 2003 ini. Tak tanggung-tanggung, sejumlah judul video game konsol populer diboyong Nokia untuk dapat berjalan di platform N-Gage.

Beberapa judul game populer yang difavoritkan oleh pengguna N-Gage adalah Ashpalt, Call of Duty, X-Men Legends, The Sims dan Tony Hawk.
4 dari 5 halaman



3. Nokia E90

Melalui seri E90, Nokia kembali menyasar para pengguna dari kalangan pebisnis. Nokia E90 termasuk ke dalam jajaran produk Communicater yang begitu populer di era 2000-an.

Bahkan, karena harganya yang cukup tinggi -- di atas Rp 10 jutaan -- saat pertama dirilis pada tahun 2007, E90 hanya dimiliki kalangan tertentu. Ponsel ini juga menjadi tolak ukur status sosial penggunanya.

Namun harganya yang cukup tinggi dianggap sesuai dengan kemampuan yang diusungnya. Dalam balutan desain portabel dan keyboard fisik yang nyaman digunakan, ponsel ini terbilang mumpuni menggantikan peran laptop.
5 dari 5 halaman



4. Nokia E71

Ini adalah ponsel Symbian terakhir yang masih bertahan di tengah gempuran iPhone yang merajai pasar smartphone di tahun 2008.

Namun ternyata pamornya tak kalah dibanding iPhone. Pengguna masih banyak yang menggemari ponsel ini berkat material metal dan desain bodi yang tipis memberikan kesan elegan.

Selain itu, handset ini pun memiliki segudang fitur yang dapat diandalkan. Sebut saja keyboard yang nyaman, browser Opera, serta dukungan Microsoft Exchange.

(dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.