Sukses

Diam-diam Google+ Mulai Dominasi Media Sosial

Jumlah login pengguna media sosial Google+ bertumbuh dengan sangat pesat di kuartal keempat tahun 2013 kemarin.

Google memang masih tergolong 'anak kemarin sore' di segmen layanan media sosial. Terhitung baru pada tahun 2011 mereka akhirnya menelurkan layanan media sosial Google+.

Namun sayang, debut layanan media sosial dari Google ini tak mendapat respon baik dari para pengguna, bahkan keberadaannya jauh berada di bawah bayang-bayang para pendahulunya seperti Facebook, Twitter dan Yahoo.

Akan tetapi di tahun 2013 kemarin Google memberikan sejumlah pembaruan pada layanan media sosialnya tersebut. Google+ dirombak habis dan hadir dengan konsep yang lebih modern serta dibekali segudang fitur inovatif.

Usaha yang dilakukan Google itu pun kabarnya berbuah manis. Menurut yang dilansir laman Softpedia, hasil riset situs teknologi Janrain menunjukkan bahwa jumlah login pengguna media sosial Google+ tumbuh dengan sangat pesat.

Google+ dilaporkan menguasai 35% jumlah login media sosial pada kuartal empat 2013. Kondisi ini praktis memposisikan Google+ di tempat kedua daftar media sosial paling banyak diakses pada triwulan keempat tahun 2013 di bawah Facebook dengan 45% jumlah login.

Hebatnya lagi, Google+ ternyata mampu melampui pencapaian sejumlah media sosial populer lainnya seperti Yahoo dan Twitter. Yahoo berada di posisi ketiga dengan menguasai 7% jumlah login, diikuti Twitter yang tercatat hanya menyumbang 6%.

Menurut catatan Google, saat ini ada sekitar 540 juta pengguna aktif Google+ di seluruh dunia. Selain sebagai media berbagi informasi, Google+ juga kerap diandalkan pengguna untuk berbagi foto.

Sejak dirilis pertama kali, Google mendata setidaknya ada 1,5 miliar foto yang diunggah oleh pengguna Google+ hingga saat ini. Hal ini pula yang pada akhirnya membuat Google menghadirkan fitur editing foto yang teritegrasi dengan aplikasi Snapseed. (dhi)

Baca juga:
5 Prediksi Tren Teknologi di CES 2014
Mahal, Google Glass Tak Akan Laris di Pasaran?
Pendiri Kecewa YouTube Disinkronisasi dengan Google Plus
Dalam 2 Tahun, Google+ Miliki 540 Juta Pengguna Aktif
Google + Sertakan Fitur Edit Foto ala Snapseed

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini