Sukses

Ada 1,1 Milyar Perangkat Android Serbu Pasar di 2014

Lembaga riset Gartner memprediksi akan ada 1,1 milyar unit perangkat Android terjual sepanjang tahun 2014.

Popularitas sistem operasi Android yang saat ini menjadi 'ponsel sejuta umat' nampaknya akan semakin bersinar. Tahun ini, pasar ponsel pintar dunia diprediksi akan kebanjiran perangkat berbasis robot hijau milik Google tersebut.

Lembaga riset Gartner memprediksi akan ada 1,1 milyar unit perangkat Android terjual sepanjang tahun 2014. Angka ini meningkat sekitar 26% dari tahun 2013 yang telah menyentuh angka penjualan sebesar 900 juta unit.

Sekitar 45% pangsa pasar penjualan perangkat mobile dunia akan menjadi milik Google. Namun begitu Gartner menyebut keuntungan tidak sepenuhnya dinikmati Google sebagai pembesut Android.

China sebagai negara terbesar dan juga terbanyak memasarkan perangkat Andorid, kebanyakan dikapalkan tanpa layanan asli Google.

Ranjit Atwal, Direktur Riset untuk Gartner Global Forecasting mengasumsikan sebagaian besar konsumen di negara berkembang akan menjadi pasar potensial untuk Android terutama yang dibanderol murah. Menurutnya, perangkat segmen mid-end akan memperluas pangsa pasar dan ekosistem Android.

Menurut yang dilansir BBC, Kamis (9/1/2014), analis memprediksi pengiriman tablet akan mengalami kenaikan mencapai 53%. Sedangkan pertumbuhan smartphone tahun ini diprediksi akan sedikit melamban.

Manisnya pasar ponsel pitnar juga akan dirasakan oleh Apple dan Microsoft. Tahun ini Gartner memprediksi pertumbuhan keduanya akan mencapai 10% untuk gabunngan iOS dan OS X, serta 28% untuk pertumbuhan penjualan perangkat berbasis Windows. (vin/dew)


Baca juga:
Proyektor Pertama Berbasis Android, Bisa Untuk WiFi
Lensa Kontak Ini Diklaim Lebih Keren dari Google Glass
3 Hal Mengecewakan dari Sistem Operasi Android



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.