Sukses

Wanita Cantik di Halaman Depan Situs Pencarian Google

Simone de Beauvoir adalah seorang tokoh feminisme modern dan ahli filsafat yang terkenal di awal abad ke-20.

Ada sesosok wajah seorang wanita cantik di halaman depan mesin pencarian Google.com, siapakah dia? Ternyata sosok wanita cantik tersebut adalah Simone de Beauvoir.

Tepat hari ini, Kamis (9/1/2014), merupakan hari jadi ke-106 dari perempuan yang lahir di Paris, Perancis pada tahun 1908 dengan nama lengkap Simone Lucie Ernestine Marie Bertrand de Beauvoir. Ia adalah seorang tokoh feminisme modern dan ahli filsafat yang terkenal di awal abad ke-20 yang telah menghasilkan berbagai jenis karya mulai dari novel, esai, dan drama bertemakan politik dan ilmu sosial.

Namun de Beauvoir lebih dikenal berkat karya-karya filsafat, eksistensialisme, dan feminismenya, terutama buku bertajuk Le Deuxieme Sexe yang diterbitkan pada 1949 silam.

Meski tak pernah secara gamblang mengakui dirinya sebagai seorang filusuf, akan tetapi karya-karya novelnya seperti She Came to Stay dan The Mandarins dianggap oleh para kritikus sastra cukup menunjukkan kematangan de Beauvoir di bidang filosofi.

Wanita tangguh ini memperoleh gelar sarjana dalam bidang filsafat dari Universitas Sorbonne pada 1929. Kemudian ia sempat bekerja sbagai tenaga pengajar sekolah tingkat menengah di Marseille dan Rouen mulai 1931 hingga 1937, dan di Paris pada 1938-1943.

Setelah kekelaman Perang Dunia II selesai, ia muncul sebagai pejuang pergerakan eksistensialisme bersama filusuf yang juga sastrawan ternama Jean-Paul Sartre. Kolaborasi keduanya melahirkan karya monumental berjudul Les Temp Modernes.

Simone de Beauvoir meninggal pada 14 April 1986 setelah divonis mengidap penyakit pneumonia. Ia dikebumikan di sebelah makam Sartre di Cimitiere du Montparnasse, di Paris. Hingga kini karya-karyanya meninggalkan pengaruh kuat dalam pergerakan feminisme modern. (dhi/dew)


Baca juga:
Google Doodle Meriahkan Perayaan Tahun Baru 2014
Ultah Marinir Wanita Sang Jenius Komputer Dirayakan di Google
Google Peringati Dokter Penemu Penyebab Demam Kuning
Google Kenang Penyanyi Opera Wanita Legendaris Favorit Soekarno
Google Doodle Peringati Ulang Tahun ke-50Doctor Who

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini