Sukses

5 Tips & Trik Mengoptimalkan Konsol PlayStation 4

Bagi Anda yang berencana membelinya, simak terlebih dulu 5 tips dan trik mengoptimalisasikan penggunaan konsol PS4 berikut ini.

Konsol generasi terbaru PlayStation 4 (PS4) telah resmi tersedia di Indonesia. Konsol game anyar andalan Sony ini dipasarkan dengan bandrol Rp 6.999.000 dan diluncurkan bersama dengan 30 judul video game.

Pihak Sony sendiri sebelumnya telah membuka masa pre order PS4 sejak 5 Desember 2013 di dua lokasi, yaitu di Sony Center Gandaria City, Jakarta Selatan dan Sony Center Tunjungan Plaza di Surabaya.

Selain itu, tersedia pula pilihan paket penjualan bundling set dengan banderol yang beragam. Pada paket bundling set pertama, gamer bisa mendapatkan konsol PS4 beserta aksesoris PS Eye Camera dengan banderol Rp 7.339.000. Bila dibeli secara terpisah, aksesoris PS Eye Camera bisa dimiliki dengan harga Rp 959.000.

Lalu pada paket bundling set kedua, gamer mendapatkan video game popular Battlefied 4 secara built-in dengan harga Rp 7.499.000. Paket bundling set ketiga yang disertakan dengan video game Killzone dihargai Rp 7.399.000.

Nah, bagi Anda yang berencana membelinya, ada baiknya simak terlebih dulu 5 tips dan trik mengoptimalisasikan penggunaan konsol PS4 berikut ini:


Baca juga: 
PS Vita TV, Konsol Game Mungil Harga di Bawah Rp 2 Juta
Perangkat Virtual Game 3D Sony Meluncur Februari, Harganya?
Ini Dia 30 Judul Video Game PS4 Untuk Pasar Indonesia
PlayStation 4 Resmi Tersedia di Indonesia
Lampaui Xbox One, Sony Klaim PS4 Terjual 4,2 Juta Unit



1. Perhatikan lampu notifikasi pada kontroler DualShock

Salah satu fitur yang paling diunggulkan dari kontroler DualShock adalah ketersediaan lampu notifikasi di bagian atasnya. Salah satu kegunaan dari lampu notifikasi ini adalah untuk menciptakan fungsi 'Move' yang akan menawarkan pengalaman baru dalam gameplay.

Sebagai contoh, ketika memainkan game Killzone: Shadow Fall, warna lampu dapat berubah-ubah untuk menunjukkan kondisi kesehatan karakter yang dimainkan.

Selain itu, lampu notifikasi ini juga dapat digunakan sebagai penanda pengaturan khusus pada kontroler. Gamer dapat menyimpan lebih dari satu data pengaturan navigasi yang akan ditandai dengan warna yang berbeda-beda mulai dari biru, merah, hijau, dan merah muda.


2. Memproduksi musik latar

Salah satu keistimewaan yang ditawarkan oleh Sony pada konsol PS4 adalah kemampuan yeng memungkinkan gamer untuk bisa membuat musik latar sendiri yang bisa diperdengarkan pada saat membuka aplikasi atau bermain game.

Namun tentunya gamer diharuskan terlebih dulu mendaftarkan diri di fitur Music Unlimited Service pada PS4. Setelah itu barulah gamer dipersilahkan untuk memilih lagu, album, atau memproduksi musik sendiri. Musik yang telah dipilih nantinya dapat diputar selama game berlansung.


3. Pengaturan suara pada kontroler DualShock

Selain dapat memproduksi musik latar sendiri, gamer pun dimungkinkan untuk menavigasi pengaturan suara pada kontroler DualShock.

DualShock sendiri memang dibekali sebuah speaker yang berfungsi untuk mengeluarkan efek suara dalam gameplay. Gamer dimungkinkan untuk mengecilkan atau membesarkan suaranya dengan memilih menu setting, device, dan pilih pengaturan controller.

Setelah itu akan muncul bar volume dan pemain bisa mengatur kerasnya suara yang dihasilkan sesuai keinginan.


4. Berteman dengan lebih banyak gamer

Bila pada konsol game generasi terdahulu PS3 gamer dibatasi hanya bisa berteman dengan 100 orang. Kali ini, pada PS4 pemain bisa menambahkan teman hingga sebanyak 2.000 orang dalam mode layanan online PlayStation Network.

Hebatnya lagi, bagi para gamer yang sebelumnya telah memiliki PS Vita ataupun PS3, daftar teman online yang sudah ada akan secara otomatis ditransfer ke dalam platform PS4.


5. Berbagi screenshot gameplay

Kontroler DualShock memang menjadi nilai plus bagi konsol PS4. Dengan kontroler ini, gamer dimungkinkan untuk saling berbagi screenshot gameplay yang sedang dimainkan hanya dengan menekan tombol 'Share'.

Gamer juga bisa mengubah hasil screenshot dalam bentuk pesan dan mengirimkannya ke sesama pemain PS4, PS3, atau PS Vita via layanan PlayStation Network. Screenshot juga bisa dibagikan ke media sosial dengan menggunakan tombol yang sama.

(dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini