Sukses

`Pin It` Pinterest Lebih Tenar Dibanding `Like` Facebook

Selain menyalip popularitas tombol 'Like' Facebook, tombol 'Pin It' berhasil melampaui popularitas tombol 'Tweet' dan '1+' milik Google+.

Popularitas Facebook nampaknya bukan hanya mulai memudar di kalangan remaja saja. Baru-baru ini, perusahaan analitik sosial 8thBridge mengungkap data bahwa popularitas tombol Like milik Facebook pun mulai memudar.

Riset yang dilangsungkan sejak Juli hingga November 2013 dan melibatkan 872 penyedia layanan belanja online ini menunjukkan bahwa tombol 'Pin It' milik Pinterest saat ini merupakan yang paling digemari oleh para penjual online. Selain menyalip popularitas tombol 'Like', tombol 'Pin It' berhasil melampaui popularitas tombol 'Tweet' dan '1+' milik Google+.

Menurut yang dilansir laman Cnet, saat ini tombol unggulan Pinterest tersebut telah menarik perhatian 62% pengguna layanan belanja online. Jumlah ini selisih sedikit di atas tombol unggulan Twitter yang digunakan sebanyak 61% pengguna internet.

Sedangkan Facebook dan Google + masing-masing berbagi porsi tombol unggulan mereka sebanyak 59% dan 42%. Bukan hanya itu, 8thBridge juga mendapati bahwa saat ini interaksi pengguna Facebook dengan merek favorit mereka mengalami penurunan hingga mencapai 27% dari tahun sebelumnya.

Sebelumnya Facebook masih menjadi layanan yang digunakan oleh 99% penyedia bisnis online. Meski jumlahnya kian menurun, Facebook hingga kini masih dipercaya oleh sebagian besar pelaku dan penyuka layanan belanja online.

8thBridge juga mendapati sedikitnya satu aplikasi yang dimiliki Facebook saat ini tidak berfungsi atau didak ter-update di halaman bisnis para peritel online. Setidaknya Facebook masih harus berupaya lebih gencar untuk kembali menggaet 40% brand yang mulai kecewa dengan layanan yang ditawarkannya.

Sedangkan Pinterest justru mendapati 89% penggunanya telah terdaftar untuk mendapatkan program promosi produk tambahan secara berbayar. Namun begitu, perusahaan riset asal Amerika Serikat ini memastikan hasil temuannya bukanlah kabar buruk bagi popularitas layanan sosial media Facebook. (vin/dew)


Baca juga:
Nama Mirip, Pinterest Gugat Situs China
Path dan Pinterest `Rebutan` Logo P
Facebook `Caplok` Startup Asal India

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini