Sukses

Xbox Tak Gentar Hadapi Konsol Pesaing Baru `Steam Machines`

Steam Machine kabarnya bakal dibekali spesifikasi mumpuni dan segudang fitur unggulan yang lebih powerful ketimbang Xbox One dan PS4.

Duopoli PlayStation 4 dan Xbox One di pasar konsol game dipastikan bakal di diganggu oleh kehadiran sebuah konsol yang kabarnya bakal mengusung nama 'Steam Machine'. Konsol game besutan Valve itu kabarnya tengah memasuki proses uji coba dan akan melenggang ke pasaran tahun 2014 ini.

Menurut yang selama ini diberitakan, Steam Machine bakal dibekali spesifikasi mumpuni dan segudang fitur unggulan. Di sektor hardware terdapat berbagai komponen seperti prosesor, hardisk serta kartu grafis khusus game yang dikenal memiliki kinerja mumpuni. Akan tetapi, Steam Machine menjadi berbeda dengan platform PC karena berjalan di atas sistem operasi Steam OS.

Menanggapi hal ini, kepala Produksi Xbox Marc Whitten mengatakan bahwa pihaknya tak khawatir dengan kehadiran Steam Machine. Bahkan ia merasa gembira atas kehadiran berbagai teknologi terbaru di industri game global.

"Kita benar-benar kembali memasuki era keemasan yang paling berkilau yang pernah saya lihat di dunia game," ungkap Whitten seperti yang dilansir laman Engadget, Selasa (14/1/2014).

Lebih lanjut Whitten menerangkan, Microsoft selaku empunya Xbox sama sekali tak takut pasar Xbox One akan diambil oleh Steam Machine. Ia sangat optimis ceruk pasar yang tersedia di industri game saat ini begitu luas dan dapat mengakomodasi lebih banyak brand.

Terlebih Whitten meyakini Steam Machines merupakan segmen produk yang berbeda dari konsol Xbox One dan PlayStation 4, sehingga tak ada hal yang harus dikhawatirkan.

Steam Machines sendiri diklaim bakal lebih powerful ketimbang Xbox One dan PS4, apalagi Valve kabarnya akan menyediakan lebih dari satu varian dengan kisaran harga yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan spesifikasi, mulai dari USD 500 hingga 6.000. (dhi)

Baca juga:
Ini Dia `Dapur Pacu` Steam Machine, Konsol Pesaing PS4 & Xbox One
Ini Prototipe Konsol Pesaing PS4 dan Xbox One
PlayStation 4 dan Xbox One Terjangkit `Penyakit` Baru

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini