Sukses

Smartphone Ini Bisa Hasilkan 10.000 Aroma Berbeda

Teknologi ini bekerja dengan memanfaatkan sebuah cartridge kecil yang menempel pada smartphone dan mampu menghasilkan berbagai macam bau.

Bayangkan betapa menyenangkannya bila kita bisa menghirup aroma makanan favorit dari foto yang di-posting oleh salah seorang teman di akun Instagram. Sayangnya hingga kini kecanggihan perangkat pintar belum mengakomodir kemampuan produksi aroma yang dapat terasa secara langsung.

Namun sejumlah aplikasi dalam game untuk ponsel pintar belakangan mulai muncul untuk memberikan pengalaman dan sensasi baru bagi penggunanya. Kini sebuah perangkat inovatif kembali dikembangkan untuk menghadirkan pengalaman merasakan sensasi aroma semudah mengirimkan pesan instan.

Teknologi yang dikembangkan oleh mahasiswa harvard University dibawah arahan tim peneliti dari Le Laboratoire, Paris, Perancis memungkinkan sebuah smartphone mengeluarkan aroma tertentu. Sebuah perangkat yang dinamakan 'Ophone' ini memungkinkan sebuah komunikasi bukan hanya bermediakan suara ataupun susunan kata.

"Ophone memungkinkan kita berkirim pesan instan melalui indera penciuman layaknya pesan teks dan suara," ungkap salah satu perwakilan Le Laboratoire seperti dilansir laman BGR.

Teknologi ini bekerja dengan memanfaatkan sebuah cartridge kecil yang menempel pada smartphone dan mampu menghasilkan berbagai macam bau. Pengguna dapat mengirimkan aroma yang diinginkan kemudian cartridge akan menghasilkan aroma tersebut dengan bantuan aplikasi, 'oTracks' yang juga telah terinstall sebelumnya.

Ophone memungkinkan pengguna Android dapat saling berkirim aroma yang ditemuinya dan dapat langsung dinikmati melalui layar ponsel atau tablet.

"Proyek Ophone merupakan kolaborasi antara desainer, ilmuwan, seniman dan artis yang berawal dari sebuah mimpi lama untuk mewujudkan sebuah bahasa universal dan dapat menjadi sebuah bahasa baru," ungkap David Edwards selaku pendiri Le Laboratoire.

Tim pengembang yakin dapat menciptakan dan memberikan pengguna pengalaman berbagai hingga 10.000 jenis aroma yang berbeda. Mereka juga yakin kedepannya Ophone dapat menciptakan sebuah pola baru dalam berkomunikasi secara massal. (vin/dhi)

Baca juga
Parkir Mobil Makin Canggih, Cukup Pakai Ponsel
Sikat Gigi Pintar, Bisa Terkoneksi ke Smartphone
Game iPhone Ini Bisa Keluarkan Aroma Popcorn
[VIDEO] Kreatif, Mobil ini Dibuat dari Susunan Lego

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini