Sukses

Layanan Komunikasi Telkomsel di Manado Sudah Pulih

Akibat pemutusan catu daya dari PLN dan genangan air PT Telkomsel mengaku sekitar 260 BTS atau 46% infrastruktur mengalami gangguan.

Hampir seminggu berlalu sejak banjir bandang menerjang Kota Manado, Sulawesi Utara. Layanan komunikasi di kota itu sempat mengalami gangguan akibat aliran listrik dari PLN terpaksa diputus untuk menghindari dampak yang lebih buruk.

Akibat pemutusan catu daya dari PLN dan genangan air PT Telkomsel mengaku sekitar 260 BTS (Base Tranceiver Station) atau 46% infrastruktur telekomunikasi miliknya mengalami gangguan. Perusahaan itu pun mengaku melakukan segala upaya untuk memulihkan layanannya.

"Tim kami mendatangkan tim ahli dari berbagai daerah, perangkat baru, mobilisasi 46 genset untuk menghidupkan kembali BTS di site simpul dan strategis dan melakukan penggantian perangkat yang terendam banjir yang berhasil memulihkan 85% infratruktur Telkomsel," kata Adita Irawaty, VP Corporate Communication Telkomsel.

Pada hari keempat paska-banjir Telkomsel mendapat bantuan dari tim ahli ZTE, HARRIF dan NEC untuk penggantian perangkat yang terendam banjir. Pada hari kelima Telkomsel mengaku berhasil memulihkan sisa 7 BTS yang memerlukan penggantian perangkat baru dan masalah transmisi Fiber Optic Cut dan memulihkan 100% layanannya.

Selain memulihkan layanan komunikasi yang dibutuhkan oleh masyarakat Manado maupun petugas lapangan dalam berkomunikasi dan berkordinasi untuk menangani bencana, Telkomsel juga menyalurkan bantuan berupa air bersih.

Bona LP. Parapat, Executive Vice President Telkomsel Area Pamasuka menyebutkan bahwa pembagian air bersih kepada masyarakat Manado merupakan program lanjutan Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel. Anak perusahaan Telkom Group itu sebelumnya telah memberi bantuan berupa telpon gratis, sandang, pangan dan obat-obatan.

"Air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok yang saat ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk menjalankan segala aktivitas sehari-hari," papar Bona dalam keterangan resmi yang diterima tim Tekno Liputan6.com. (den/dhi)


Baca juga :

Jakarta Dikepung Banjir, Operator Telekomunikasi Siaga
Telkomsel Gelar Ajang Pencarian Bakat via Ponsel
Layanan Data Meningkat, Telkomsel Masih Andalkan Layanan Suara
Sebagian Jakarta Terendam, Telkomsel Amankan Layanan
Diterjang Banjir Besar, Telkom Pulihkan Komunikasi di Manado

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini