Sukses

Apple Akan 'Sulap' iPhone Jadi Alat Pembayaran

Tak hanya sekadar alat komunikasi, Apple berencana akan mengubah iPhone dan iPad sebagai alat pembayaran.

Setelah resmi menjadi yang pertama melengkapi handset besutannya dengan sensor sidik jari, kini Apple kabarnya tengah mengembangkan sebuah terobosan baru. Perusahaan yang bermarkas di Cupertino ini tengah mengembangkan sebuah sistem pembayaran mobile pada iPhone dan iPad.

Tak hanya sekadar alat komunikasi, Apple berencana akan mengubah iPhone dan iPad sebagai alat pembayaran. Nantinya fungsi kartu kredit dapat digantikan oleh kehadiran sebuah iPhone dan iPad.

Mengutip laman Slashgear, Senin (27/1/2014), sebuah sistem yang tengah dikembangkan ini diketahui menawarkan opsi EasyPay yang sudah tersedia di Apple Store untuk perangkat iOS.

Sistem yang dikembangkan tersebut nantinya dapat memudahkan pemilik handset saat berbelanja produk dan aksesoris tertentu di Apple Store, dengan menggunakan metode pembayaran yang terdapat di akun iTunes.

Sumber terdekat kepada Wall Street Journal bahkan menyebut akan menunjukkan keseriusannya dalam menggarap teknologi baru ini. Apple pun telah menunjuk seorang ahli bernama Jennifer Bailey, yang sebelumnya mengurus sistem pembayaran melalui ponsel dan bertanggung jawab pada toko online Apple.

Dengan tanggung jawab barunya tersebut, Jennifer nantinya ditugasi untuk membangun dan mengoperasikan sistem pembayaran terbaru.

Sistem anyar yang tersedia pada aplikasi iOS ini ke depannya memungkinkan seseorang untuk memesan taksi, tiket konser dan transaksi lainnya tanpa perlu mendaftarkan kartu kredit terlebih dahulu. Demi kenyamanan, sistem ini juga akan mengirimkan tagihan langsung ke akun pemilik iTunes.

Saat ini Apple tengah disibukkan dengan menyoroti jumlah akun iTunes yang terdaftar. Perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook ini pada tahun 2013 mencatat adanya proporsi tinggi pada sistem pembayaran hingga mencapai 575 juta pengguna. (vin/isk)

Baca juga :

Mengapa iPhone 5S Lebih Disukai Konsumen Ketimbang iPhone 5C?
Smartphone Mahal Lebih Dinanti di Tahun 2014
Tim Cook: iPhone 6 Akan Pakai Kaca Safir?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini