Sukses

10 Fakta Menarik Facebook di Usia 10 Tahun

Memasuki usia satu dekade pertama, Facebook menorehkan 10 status menarik yang mengiringi eksistensi Facebook di ranah sosial media.

Sejak pertama kali dirilis pada 4 Februari 2004, hari ini Facebook resmi memasuki usia 10 tahun. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, Facebook masih memiliki sejumlah pengguna setia di seluruh dunia.

Meski diprediksi akan mengalami 'kiamat' di tahun 2017, Facebook justru menunjukkan bahwa saat ini telah memiliki 1,23 milyar pengguna aktif setiap bulannya. Pertumbuhan jumlah pengguna Facebook semakin meningkat seiring dengan menjamurnya adopsi perangkat pintar.

Kini, memasuki usia satu dekade pertama Facebook menorehkan 10 status menarik mengesankan setiap tahunnya. Berikut 10 status menarik yang mengiringi eksistensi Facebook di ranah sosial media seperti dilansir laman The Next Web.

1. Di awal kehadirannya 10 tahun silam, Facebook mengklaim berhasil menghubungkan sekitar 201,6 milyar pertemanan virtual.

2. Memasuki tahun pertama, Facebook mencatatkan 1,23 milyar pengguna aktif per bulannya.

3. Seiring dengan pertumbuhan mobilitas pengguna, Facebook pun tercatat memiliki sekitar 945 juta pengguna aktif per bulannya yang mengakses melalui perangkat mobile.

4. Dikenal dengan ikon jempol yang mewakili 'Like', Facebook mencatat ada lebih dari 6 milyar like dikirimkan oleh penggunannya dalam kurun waktu satu hari.

5. Sebelum booming layanan penyimpanan awan, Facebook telah memperkenalkan unggah dan berbagi foto secara virtual di kalangan para penggunanya. Perusahaan milik Mark Zuckerberg ini tertatat telah membagikan 400 milyar foto hingga bulan Oktober 2005.

6. Layaknya sebuah pusat perbelanjaan, Facebook kerap melengkapi berbagai fitur baru untuk para penggunanya. Pesan instan merupakan salah satu fitur yang disediakan dan sekitar 7,8 triliun pesan telah dikirim melalui layanan Facebook.

7. Fitur berbagi lokasi merupakan salah satu fitur yang kerap digunakan oleh para pengguna Facebook. Hingga Januari 2014 tercatat 77,2 miliar lokasi telah ditandai dan dibagikan oleh sejumlah pengguna di seluruh dunia.

8. Meski dikenal sebagai layanan yang berasal dari Amerika Serikat, namun sekitar 88,1% pengguna aktif Facebook seharinya berasal dari luar Patung Liberty dan kawasan benua Amerika.

9. Selain memiliki pengguna perorangan, Facebook juga memperkenalkan halaman khusus untuk kaum selebritis hingga pelaku bisnis. Hingga November 2013 tercatat lebih dari 25 juta halaman bisnis skala kecil memiliki akun Facebook untuk memasarkan produknya.

10. Ketenaran Facebook tentu tidak dapat terlepas dari peran aktif dan ide kreatif para karyawannya. Hingga akhir tahun 2013 Zuckerberg diketahui telah memliki 6.337 karyawan di seluruh dunia. (vin/dew)


Baca juga:

Happy Birthday, Facebook Hari Ini Genap Berusia 10 Tahun
Makin Tajir, Kekayaan Mark Zuckerberg Bertambah Rp 39 T
Co-Founder Facebook: Kiamat Email Segera Menghampiri

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.