Sukses

Happy Birthday, Facebook Hari Ini Genap Berusia 10 Tahun

Tepat hari ini, situs jejaring sosial paling populer di dunia Facebook yang dibuat oleh Mark Zuckerberg genap berumur 10 tahun.

Sejak awal kemunculannya dan kemudian booming, Facebook telah berhasil mengubah cara kita berhubungan dengan orang lain melalui update status. Dan tepat hari ini, situs jejaring sosial paling populer di dunia itu genap berumur 10 tahun.

Facebook awalnya diciptakan oleh Mark Zuckerberg dan empat temannya --Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, Andrew McCollum dan Chris Hughes-- selama mereka di Harvard University. Sekarang situs ini sangat fenomenal.

Facebook dulunya bernama The Facebook. Mark Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" dari kamar asramanya di Universitas Harvard pada tanggal 4 Februari 2004. Situs ini dibuat untuk menghubungkan para mahasiswa di Harvard, serta untuk membangun identitas online mereka.

Situs The Facebook awalnya hanya dipakai kalangan mahasiswa Harvard saja. Namun seiring popularitasnya yang terus menanjak, Zuckerberg memperkenalkannya ke kampus-kampus lain.

The Facebook kemudian berganti nama menjadi Facebook. Setahun kemudian Zuckerberg membeli domain facebook.com sebesar $200.000. Sejak itu Facebook terus berkembang, bahkan Facebook go public pada tahun lalu.

Bagaimanapun, meski layanan sejenis sudah banyak lahir, Facebook sudah menjadi elemen kecil dari hidup sebagian besar orang atas peristiwa hidup yang mereka jalani.

Berkat kehadiran Facebook, Anda bisa mengucapkan selamat ulang tahun kepada teman dan saudara melalui feed mereka. Tak perlu mengirimkan kartu ucapan selamat ulang tahun melalui kartu pos. Facebook juga punya fitur pengingat hari ulang tahun seseorang.

Facebook menjadi bagian dari sejarah perjalanan kehidupan seseorang, mulai dari postingan kelahiran bayi, mencari saudara yang lama tidak berjumpa hingga menjadi tempat reuni sekolah atau kampus. Tak hanya berbagi foto, Facebook juga menjadi wadah untuk mengabadikan video dan bahkan dijadikan tempat berjualan online.

Facebook kini memiliki lebih dari 1,2 milyar pengguna aktif. Dengan kata lain, menurut data yang dilaporkan Facebook, sepertujuh dari populasi penduduk dunia aktif menggunakan Facebook setiap bulannya. 

Selamat ulang tahun Facebook! (dew)


Baca  juga:
Makin Tajir, Kekayaan Mark Zuckerberg Bertambah Rp 39 T
Asyiknya Baca Artikel di Aplikasi Facebook Terbaru Ini
Facebook Serang Balik dan Bantah Dibilang 'Mati' di Tahun 2017
`Kiamat` Facebook di Tahun 2017
Pengguna Facebook Lebih Doyan Musik Dibanding Pornografi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.