Sukses

Jelly Bean Masih Rajai Android, Kitkat Hanya 1,8%

Angka itu sedikit meningkat dari data yang tercatat pada Januari 2013 yaitu sebesar 1,4 persen.

Google secara resmi meluncurkan Android versi terbaru yaitu KitKat pada Oktober 2013. Namun hingga kini dari semua perangkat Android yang tersebar di seluruh dunia, yang mengadopsi platform tersebut hanya sekitar 2%.

Tepatnya, KitKat hanya diinstal oleh 1,8 % dari semua smartphone atau tablet Android. Angka itu sedikit meningkat dari data yang tercatat pada Januari 2013 yaitu sebesar 1,4 persen. Demikian seperti dikutip dari The Next Web, Kamis (6/2/2014).

Versi terdahulunya yaitu Jelly Bean naik 60,7 % dari bulan sebelumnya yaitu 59,1 %. Sementara adopsi Jelly Bean versi 4.3 naik dari 7,8 % menjadi 8,9 % di bulan lalu. Sementara rasio perangkat yang menjalankan Ice Cream Sandwich turun dari 16,9 % menjadi 16,1 %.



Sedangkan Gingerbread memberikan kontribusi 20 %, yang turun dari bulan sebelumnya yaitu 21,2 % persen. Data ini menunjukkan bahwa KitKat masih hanya tersedia untuk perangkat Nexus dan Motorola, di mana banyak pihak ketiga yang belum berencana untuk meng-upgrade atau meluncurkan perangkat KitKat bertenaga baru.

Proses Upgrade Android disebut cukup memakan banyak waktu serta memerlukan koordinasi dari para pembuat handset dan juga operator. Sebagai contoh, smartphone besutan Sony hingga saat ini baru saja menerima Android 4.3 Jelly Bean.

Berbeda dengan sistem operasi (OS) buatan Apple yaitu iOS yang tidak memerlukan koordinasi rumit. iOS 7 dirilis pada September 2013 dan sebulan kemudian, perangkat yang sudah menerima update sebanyak  64%. Apple mengklaim per Januari 2014, angka itu naik menjadi 80%.


Baca juga:
Dominasi Android Jelly Bean Belum Terkalahkan
Android Versi Berikutnya Akan Berinisial `L`?
Kata-kata Tak Senonoh Diblokir di Android KitKat


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google
    Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google

    Android

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.

    Google

  • KitKat

Video Terkini