Sukses

Pengguna Asia Jadi Kunci Sukses Kedigdayaan Facebook

Pengguna di wilayah Amerika Serikat dan Eropa dinilai cenderung lebih mudah berpindah ke layanan jejaring sosial lainnya.

Jejaring sosial terpopuler di dunia, Facebook, baru saja merayakan ulang tahun ke-10 tepat pada tanggal 4 Februari 2014 kemarin. Sejak awal kemunculannya di tahun 2004 silam, Facebook diakui berhasil mengubah budaya bersosialisai mayoritas masyarakat di dunia.

Namun pasar jejaring sosial saat ini tidak hanya menjadi milik Facebook seorang diri, telah banyak layanan jejaring sosial lainnya yang juga sukses menarik perhatian pengguna. Sebut saja Twitter, Pinterest, Google+, dan yang belakangan tengah menjadi hype, Path.

Dengan kondisi ini bahkan tak sedikit analis yang menilai jumlah pengguna Facebook akan terus merosot dalam beberapa waktu ke depan. Para peneliti dari Princeton University bahkan memprediksi jejaring sosial yang dirintis oleh Mark Zuckerberg itu akan kehilangan hingga 80% penggunanya di tahun 2017 mendatang.

Menanggapi kabar ini, Head of Growth and Mobile Partnerships Facebook India Kevin D'Souza mengaku memiliki solusi. Menurutnya, Facebook harus bisa mempertahankan dan memperluas pasar pengguna di wilayah Asia. Hal ini perlu dilakukan mengingat pengguna di wilayah Amerika Serikat dan Eropa dinilai cenderung lebih mudah berpindah ke layanan jejaring sosial lainnya.

Salah satu negara yang memiliki potensi begitu besar bagi Facebook menurut D'Souza adalah India. Menurut yang dilansir laman AFP, Jumat (7/2/2014), hasil riset D'Souza menunjukkan pengguna Facebook di India akan betumbuh hingga 150 juta di akhir tahun 2014, naik dari saat ini yang diperkirakan mencapai sebesar 93 juta.

Selain India, sejumlah wilayah negara berkembang di Asia, termasuk Indonesia, juga diyakini masih akan menjadi pangsa pasar utama bagi Facebook.

Sebelumnya prediksi riset yang menyebutkan Facebook akan ditinggal para pengguna secara masif di tahun 2017 mendatang juga terbantahkan dengan data total jumlah pengguna Facebook yang baru saja dirilis. Mengutip The Next Web, pengguna aktif bulanan Facebook diperkirakan mencapai 1,23 miliar. Mereka juga mengumumkan telah meraih rata-rata 757 juta pengguna aktif harian dan 945 juta pengguna aktif bulanan selama Desember 2013.

Baca juga:
Video `Look Back` Ramai Hiasi Timeline Facebook
Ini Dia 25 Orang Pemilik Pertama Akun Facebook

Apa Yang Disukai dan Tak Disukai Pengguna Facebook?

10 Fakta Mengejutkan Mark Zuckerberg, Sang Pendiri Facebook

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.