Sukses

Analis Tuduh Pengembang Flappy Bird Berbuat Curang

Analis menemukan indikasi kecurangan yang dilakukan pihak pengembang Flappy Bird dalam mempromosikan game andalannya tersebut.

Sebuah kabar miring hadir mengiringi kesuksesan dan popularitas yang berhasil diraih game mobile anyar, Flappy Bird. Menurut hasil analisa Carter Thomas dari biro pemasaran aplikasi Blue Cloud Solutions, ditemukan indikasi kecurangan yang dilakukan pihak pengembang Flappy Bird dalam mempromosikan game andalannya tersebut.

Dong Nguyen selaku pihak pembuat Flappy Bird dicurigai telah menggunakan software bot yang akan mengunduh game tersebut secara otomatis dan memberikan review positif.

Menurut data analisa yang dipublikasikan di laman resmi Blue Cloud Solutions, Thomas menunjukkan keganjilan yang terlihat di bagian testimoni para pemain Flappy Bird baik di toko aplikasi Google Play Store maupun Apple App Store. Ia melihat terlalu banyak testimoni yang menyertakan kata 'glitch', 'pipe', dan 'addicting'.

Hal tersebut, menurut Thomas, mengindikasikan pengguna pemberi testimoni adalah bot atau program otomatis, bukan manusia. Selain itu, Thomas juga menilai rating Flappy Bird yang mencapai 97,777 kali dianggap terlalu cepat bertumbuh dan tidak normal, pasalnya rating aplikasi populer seperti Twitter dan Path saja hingga kini masih jauh di bawah angka itu.

Beberapa waktu belakangan ini Flappy Bird memang sukses menjadi 'virus' baru yang menjangkiti banyak pengguna perangkat mobile. Bahkan game mobile yang diciptakan oleh developer asal Vietnam itu pun berhasil merajai daftar aplikasi gratis terbaru yang paling banyak diunduh di Google Play Store per 31 Januari 2014.

Bukan hanya itu, Flappy Bird bahkan merangsek ke dalam peringkat tiga besar aplikasi yang paling banyak diunduh di Google Play Store.

Apakan benar popularitas Flappy Bird didapat dengan cara yang curang? Thomas sendiri mengaku belum bisa membuktikannya secara pasti. Sementara Dong Nguyen pun tak berniat untuk mengklarifikasi kabar ini, dan lebih memilih alasan 'keberuntungan' atas popularitas yang sukses dicapai game besutannya.

Baca juga:
Dibuat Kesal Flappy Bird? Mainkan Game yang Satu Ini!
Tips Sukses Main Flappy Bird Langsung Dari Penciptanya
Bikin Ketagihan, Flappy Bird Untung Rp 608 Juta Per Hari 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini