Sukses

Berkat Fitur Pintar, Penjualan Kamera Mirrorless Terus Tumbuh

Meski mungil, kamera ini memiliki kualitas yang setara dengan kamera DSLR. Tak heran jika penjualannya terus tumbuh dari tahun ke tahun.

Kamera mirrorless dianggap sebagai pilihan tepat bagi sebagian besar kalangan fotografer pemula. Pasalnya kamera ini mempunyai dimensi bodi yang kompak dan bobotnya pun ringan.

Meski mungil, kamera ini diklaim memiliki kualitas yang setara dengan kamera DSLR. Tak heran jika penjualan jenis kamera ini terus tumbuh dari tahun ke tahun.

"Sejak tahun 2011 hingga 2013, pangsa pasar kamera mirrorless tumbuh hingga 65%. Hal ini karena masyarakat sudah sadar bahwa kamera berkualitas itu tak harus memiliki ukuran bodi yang besar dan berat seperti kamera DSLR," kata Andreas Rompis, VP Mobile Business Samsung Electronics Indonesia pada acara Samsung Forum 2014 di Hotel Rimba, Jimbaran, Bali, Selasa (18/2/2014).

Berkaitan dengan hal tersebut, Andreas menyebut pangsa pasar dari kamera mirrorless Samsung juga ikut tumbuh hingga 22,2 % di tahun 2013.

"Samsung baru mengembangkan kamera mirrorless pada tahun 2012. Bisa dibilang, pertumbuhannya saat itu masih sekitar 1%," tambah Andreas lagi.

Semua itu, lanjut Andreas, berkat inovasi dan beberapa fitur pintar yang tersemat di kamera mirrorless Samsung. Salah satunya adalah fitur berbagi foto secara nirkabel ke perangkat mobile melalui koneksi NFC dan Wi-Fi.

Sementara itu pertumbuhan pangsa pasar kamera saku dari tahun 2011 sampai 2013, secara keseluruhan terus mengalami penurunan. Namun demikian, Andreas mengaku pertumbuhan kamera saku milik Samsung tetap tumbuh, meskipun hanya 2,8 % di tahun 2013.


Baca juga:
Kamera Makin Pintar, Bisa Memonitor Kondisi Bayi
Ini Kamera Mirrorless Pertama di Dunia Yang Bisa Rekam Video 4K
Tinggalkan Kamera DSLR, Olympus Fokus ke Mirrorless


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.